KATARSIS MELALUI KEGIATAN MENULIS EKSPRESIF UNTUK MENGATASI STRESS MENGAJAR PASCA PANDEMI PADA GURU PAUD

Authors

  • Diana Dwi Jayanti
  • Imas Jihansyah
  • Ernia Deniati

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1433

Keywords:

Katarsis, Menulis Ekspresif, Stres mengajar,

Abstract

Setelah pandemi dinyatakan berakhir dan kehidupan normal baru berjalan, dinamika kegiatan belajar mengajar yang dihadapi guru PAUD tidak serta merta kembali normal seperti sebelum masa pandemi. Tantangan dan penyesuaian yang dihadapi bahkan bisa jadi menjadi lebih banyak, dan berpengaruh pada kondisi psikologis guru sebagai pengajar. Kondisi ini pun berpotensi menjadi stressfull event yang bisa berpengaruh pada well being serta kualitas kesehatan mentalnya, sehingga diperlukan suatu strategi untuk mengatasi kondisi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan guru PAUD sebagai subyek penelitiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kondisi tingkat stress yang dihadapi oleh guru PAUD pasca pandemic, 2) efektifitas kegiatan menulis ekspresif sebagai salah satu bentuk teknik katarsis dalam membantu guru PAUD mengatasi stressfull event yang dihadapi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: kuesioner tingkat stress, FGD, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif yang memaparkan presentase kondisi stress yang dihadapi guru sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan menulis ekspresif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) 35% subyek penelitian mengalami tingkat stress ringan, dan 65% mengalami tingkat stress sedang; 2) 90% subyek mengalami penurunan tingkat stress setelah melakukan kegiatan menulis ekspresif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan menulis ekspresif dapat dijadikan sebagai alternatif solsi untuk membantu mengatasi kondisi stres mengajar pada guru.

References

Irna. (2021). Tantangan dan Resiliensi Guru PAUD dalam Masa Pandemi Covid- 19. Fashco: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 71–78.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135–41. https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480.

N. Qonitatin, S. Widyawati, and G. Y. A. (2012). PENGARUH KATARSIS DALAM MENULIS EKSPRESIF SEBAGAI INTERVENSI DEPRESI RINGAN PADA MAHASISWA. Jurnal Psikologi, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.9.1.

Pennebaker, J. W. (2018). Expressive Writing in Psychological Science. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 226–229. https://doi.org/10.1177/1745691617707315

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2016). Health psychology biopsychosocial interactions. In Journal of Psychosomatic Research (9th ed., Vol. 35, Issues 4–5). Wiley. https://doi.org/10.1016/0022-3999(91)90058-v

Suparman. (2018). IDENTIFIKASI GEJALA STRES PADA GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LENTERA HARAPAN TANGERANG. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 8(1), 7–12. https://osf.io/yq3m4/download

Vilzati; Lita; IBRAHIM, M. (2016). PERSEPSI GURU TENTANG STRES KERJA, COUNTERPRODUCTIVE WORK BEHAVIOR (CWB), DAN NEGATIVE AFFECTIVITY (Studi Pada Guru Sekolah Menengah Pertama Di Banda Aceh). SI-MEN (Akuntansi Dan Manajemen) STIES, 7(2). http://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/59

Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Hubungan antara Beban Kerja, Konflik Peran, dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(4), 80–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.4.2020.32139

Handayani, T., Sirait, D., Faridha. (2021). Manjemen Stres di Kalangan Guru TK Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Janna Al-Baqi Medn. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian 2021. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Diakses dari https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/634/618

PlumX Metrics

Published

2023-02-25

How to Cite

Jayanti, D. D., Jihansyah, I., & Deniati, E. (2023). KATARSIS MELALUI KEGIATAN MENULIS EKSPRESIF UNTUK MENGATASI STRESS MENGAJAR PASCA PANDEMI PADA GURU PAUD. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 584–593. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1433

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)