Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-6

Authors

  • Ernia Deniati Universitas Islam Lamongan
  • Diana Dwi Jayanti Universitas Islam Lamongan
  • Dina Fitriana Universitas Islam Lamongan
  • Imas Jihansyah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1698

Keywords:

Reward, Token ekonomi, Disiplin, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas pemberian reward melalui metode token economy untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian reward melalui metode token economy untuk meningkatkan disiplin anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas A dan B di RA Al-Ma’ruf Mojoranu Dukuhagung Tikung Lamongan yang berjumlah 14 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired sample test. Penelitian ini dilakukan selama 23 hari yaitu 7 hari pre-test, 13 hari treatment token economy, dan 7 hari post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. skor post-test lebih tinggi dari skor pre-test. Hal ini juga membuktikan bahwa pengujian hipotesis melalui uji Paired sample dengan SPSS 26 menunjukkan Sig 0,00 yaitu kurang dari 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian reward melalui metode token economy efektif untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini 4-6 tahun di RA Al-Ma'ruf Mojoranu Dukuhagung Tikung Lamongan

References

Anwar, D. (2001). Kamus Bahasa Indonesia. Karya Abditama.

Fahyuni, E.F., I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif). Nizamia Learning Center.

Hurlock, E. (2007). Perkembangan Anak (A. Dharma, M. Zarkasih, & M. Tjandrasa (eds.); 6th ed.). Erlangga.

Meila, A. (2015). Hubungan Reward Dengan Disiplin Anak TK Kelompok B di Sekolah Se-Gugus II Kecamatan Sanden. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mufidah, U. (2012). Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Belia, 1(1), 1–5. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia

Mujahidin, E., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). Penggunaan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 171. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.395

Rohmaniah, N., Tegeh, I.M., Magta, M. (2016). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7976

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Penerbit Alfabeta.

Suharsimi, A. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Rineka Cipta.

Wahab, R. (2018). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-08-03

How to Cite

Deniati, E., Jayanti, D. D., Fitriana, D., & Jihansyah, I. (2023). Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-6. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 187–192. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1698

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)