KEGIATAN MENULIS EKSPRESIF BAGI IBU UNTUK MENGATASI STRESS PENGASUHAN SELAMA MASA PANDEMI

Authors

  • Diana Dwi Jayanti Universitas Islam Lamongan
  • Imas Jihansyah Universitas Islam Lamongan
  • Nindi Atika Putri Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.754

Keywords:

Menulis ekspresif, Stres pengasuhan, Masa pandemi,

Abstract

Masa pendemi bagi orangtua menjadi situasi yang penuh tekanan, ditambah lagi adanya beban ganda yang dihadapi dalam mendampingi anak belajar dari rumah. Hal ini ini berpengaruh pada meningkatnya level stres orang tua yang berimbas pada tindak kekerasan pada anak selama pandemi. Artikel ini bertujuan untuk memberikan telaah yang didasarkan pada  kajian pustaka dalam menawarkan potensi kegiatan menulis ekspresif sebagai strategi pengelolaan stres bagi ibu selama menjalani berbagai tuntutan peran di rumah selama pandemi. Berdasarkan telaah dan analisis pustaka yang telah dilakukan dapat dikatakan kegiatan menulis ekspresif dapat menjadi salah satu strategi koping yang berfungsi untuk mengkomunikasikan dan mengekspresikan perasaan dan emosi yang dialami, sehingga orang tua dapat memahami permasalahan yang dihadapi secara lebih jernih dan tenang dalam menemukan cara-cara yang lebih positif dan adaptif dalam menghadapi segala kondisi yang penuh tekanan selama masa pandemi

References

Adams, E. L., Smith, D., Caccavale, L. J., & Bean, M. K. (2021). Parents Are Stressed! Patterns of Parent Stress Across COVID-19. Frontiers in Psychiatry, 12, 0–19. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2021.626456

Afifah, L., Maryoto, M., & Susanto, A. (2021). Hubungan Tingkat Stres Ibu Dengan Perilaku Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM). https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/790/219

Anggraini, S., & Asi, M. F. (2022). Hubungan Parentig Stress dengan Perilaku Kekerasan pada Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2747–2754. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1160/883

Christy, F. E. (2020). Persentase Tingkat Stres Anak Dan Orang Tua Akibat Lockdown Selama Pandemi Covid19. SELL Journal. https://data.tempo.co/read/978/persentase-tingkat-stres-anak-dan-orang-tua-akibat-lockdown-selama-pandemi-covid-19

CNN Indonesia. (2021). Lebih Dari Seribu Anak Alami Kekerasan Selama Pandemi. CNN Indonesia, 1. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210826205549-284-686023/lebih-dari-seribu-anak-alami-kekerasan-selama-pandemi

Deater-Deckard, K. (2013). Parenting Stress. Yale University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.12987/yale/9780300103939.001.0001

EHD. (2021). KPAI: Kekerasan terhadap Anak selama Pandemi Dominan Dilakukan Ibu. https://www.beritasatu.com/nasional/804917/kpai-kekerasan-terhadap-anak-selama-pandemi-dominan-dilakukan-ibu

Maghfiroh, L., & Wijayanti, F. (2021). Parenting Stress Dengan Kekerasan Verbal Pada Anak Usia Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 12(2), 187–193. https://doi.org/10.34035/jk.v12i2.726

Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Emotional Regulation, Stress, and Psychological Well-Being: A Study of Work from Home Mothers in Facing the COVID-19 Pandemic. Digital Library: UIN Sunan Gunung Jati, 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30722

Najihah, S. N. (2021). Pengaruh anak belajar daring dengan tingkat stress pada orangtua yang mempunyai anak sekolah dasar di indonesia. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/46466/180100245.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Pennebaker, J. W. (2018). Expressive Writing in Psychological Science. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 226–229. https://doi.org/10.1177/1745691617707315

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2016). Health psychology biopsychosocial interactions. In Journal of Psychosomatic Research (9th ed., Vol. 35, Issues 4–5). Wiley. https://doi.org/10.1016/0022-3999(91)90058-v

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-19

How to Cite

Jayanti, D. D., Jihansyah, I., & Putri, N. A. (2022). KEGIATAN MENULIS EKSPRESIF BAGI IBU UNTUK MENGATASI STRESS PENGASUHAN SELAMA MASA PANDEMI. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 597–607. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.754

Most read articles by the same author(s)