Pengembangan Media Puzzle Alfabet Untuk Stimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini di TK Kartini I Tumenggungan Lamongan

Authors

  • Elif Rofiatin Universitas Islam Lamongan
  • Diana Dwi Jayanti Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2134

Keywords:

Puzzle Alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media menarik dan inovatif untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan di TK Kartini I Tumenggungan Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media puzzle  huruf alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research And Development ) dengan menggunakan metode Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi enam tahap, meliputi a) Studi pendahuluan, b) Perencanaan, c) Desain produk, d) Uji coba & Validasi Produk, e) Revisi Produk, f) Uji coba Lapangan. Jenis Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil komentar serta saran dan wawancara para validator ahli, sedangkan data kuantitatif  yang diperoleh dari hasil angket/kuesioner penilaian subyek pada uji coba lapangan, yakni siswa-siswi TK Kartini Tumenggungan Lamongan. Hasil validasi ahli dan uji coba menunjukan bahwa ahli materi memberikan nilai persentase skor 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil validasi dan perbaikan produk dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. Kemudian validasi dari ahli media menunjukkan nilai persentase 88,5%, yang berarti media produk ini dinilai valid dan tidak perlu revisi. Sedangkan berdasarkan penilaian validasi ahli praktisi nilai persentase 93,3%, yang menunjukkan bahwa media/produk valid, dapat dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan. Pada tahap uji coba produk pada subyek (siswa TK) terbagi menjadi dua, yakni 1) uji coba perseorangan yang memperoleh nilai persentase 94,11%, 2) uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase 80,16%, dan sedangkan pada tahap uji coba lapangan diperoleh nilai persentase 72,82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa produk/media layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk stimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini (4-5 tahun).

References

Arsyad, Azhar. (2017). “Media Pembelajaran “ Jakarta Rajawali Pers

Astuti, Retno Dwi. (2020). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Kreatif & (Astuti, 2020)Inovatif. Lamongan: CV Pustaka Djati.

Masnipal, Arif Hakim. (2018). “ Perbedaan Pendapat Pembelajaran Prabaca, Pratulis dan Prahitung Bagi Anak Usia Dini” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2 (1). 3-6.

Osei, A., dkk. (2016). The Use Of Prereading Activities In Reading Skills Achievement In Preschool Education. European of Educational Research, 5 (1), 3542. 188

Permendikbud 137-2014, Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. diakses pada 05 Desember 2019. https://kupdf.net/download/sttpa-paudpdf_5c209212e2b6f568590ed0b_pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tedjasaputra, Mayke. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Zaman, Badruz., & Cucu Eliyawati. (2010). “Media Pembelajaran Anak Usia Dini” Universitas Pendidikan Indonesia.

PlumX Metrics

Published

2024-06-27

How to Cite

Rofiatin, E., & Jayanti, D. D. (2024). Pengembangan Media Puzzle Alfabet Untuk Stimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini di TK Kartini I Tumenggungan Lamongan. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 40–49. https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2134

Most read articles by the same author(s)