Pengembangan Media Video Animasi Sigemi (Siaga Gempa Bumi) sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Ratih Wahyuningtiyas Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1588

Keywords:

Media Video, Video Animasi Sigemi, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya aspek kognitif anak dalam berpikir logis yaitu mengenal sebab akibat tentang bencana gempa bumi yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan buku cerita selama proses pembelajaran dan Lembar Kerja Anak (LKA). Penggunaan media dalam penyampaian materi yang kurang interaktif dapat mengurangi minat anak dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini (1) Bagaimana kelayakan media video animasi Sigemi (siaga gempa bumi) pada anak usia 5-6 tahun?; (2) Bagaimana keefektifan media video animasi Sigemi (siaga gempa bumi) pada anak usia 5-6 tahun?. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) atau Penelitian dan Pengembangan dengan model (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Validator pada penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media dan 2 Guru PAUD. Hasil skor pretest mendapatkan total skor 157, posttest mendapatkan total skor 288 dan hasil uji Paired Simple T-test nilai Sig. (2-tiled) lebih kecil 0,005 (0,000 < 0,005). Dapat disimpulkan bahwa media video animasi Sigemi (Siaga Gempa Bumi) efektif digunakan sebagai pengenalan mitigasi bencana gempa bumi pada anak usia 5-6 tahun.

References

Agrestin, I., & Maulidiyah, E. C. (2021). Pengembangan Media Big Book terhadap Pengetahuan Bencana Banjir pada Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.199

Ahyat, N. (2017). EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam.

Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Aini, M. N., Widayati, S., Adhe, K. R., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Ebook Mitigasi Bencana Kebakaran Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 400–411. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.401

Baihaqi, A. (2021). Pakar Geologi ITS Sebut Surabaya Dilewati Dua Sesar dan Ingatkan Potensi Gempa. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d- 5354948/pakar-geologi-its-sebut-surabaya-dilewati-dua-sesar-dan-ingatkan- potensi-gempa

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cahyani, N. P. D. D., Martha, I. N., & Sriasih, S. A. P. (2021). Analisis Video Animasi Youtube Channel “ Dongeng Kita †Serta Kaitannya Dengan Pembelajaran Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 229–240.

Daud, R., Sari, S. A., Milfayetty, S., & Dirhamsyah, M. (2014). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Komunitas Sma Negeri 5 Banda Aceh. Ilmu Kebencanaan, 1(1), 26–34. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIKA/article/view/2470

Dewi, M., Wardani, K. D. K., Suhatman, R., & ... (2021). Penerapan Video Animasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Al-Ittihad Pekanbaru. FLEKSIBEL: Jurnal …, 2(2), 45–52.

Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Penerbit UNO Press. Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan Model Simulasi Tentang Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1974

Mayasari, S. I. W. L., & Fitri, R. (2022). Pengembangan Buku Panduan Permainan Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 27–37.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id

Nadirhoh, F. (2022). PVMKG Seluruh Wilaya Surabaya RAwan Gempa-Potensi

Terjadi Retakan Tanah. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6450538/pvmbg- catat-seluruh-wilayah-surabaya-rawan-gempa-potensi-terjadi-retakan-tanah

Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 68. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Saparwati, M., Trimawati, & Fiki Wijayanti. (2020). Peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan bencana dengan video animasi pada anak usia sekolah. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 23–28. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/PJ/article/download/22-28/pdf

Subagyo, A. M. (2021). Relevansi Nilai Moral Sosial Dalam Serial Animasi Go Astroboy Go Dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. … Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini …, 31–40. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/view/10217.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-10-02

How to Cite

Pratiwi, R. W., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Sigemi (Siaga Gempa Bumi) sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 58–68. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1588