TONGKOL JAGUNG SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Authors

  • Fajar Luqman Tri Ariyanto Universitas Trunojoyo Madura
  • Fikri Nazarullail Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.649

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Limbah Jagung, Media Pembalajaran,

Abstract

Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) pada anak usia dini menjadi sarana guru dalam pembelajaran di sekolah. Mahalnya APE menjadi kendala yang dialami oleh banyak guru PAUD di daerah Bangkalan dalam menyediakan Media edukatif di sekolah. Minimnya pemahaman pemanfaatan limbah sekitar dalam pembuatan APE sebagian besar dialami oleh guru PAUD. Pemanfaatan limbah tanaman jagung pada bagian tongkol jagung menjadikan alternatif bagi guru PAUD untuk bahan dasar pembuatan Alat Permainan Edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interactive Miles and Huberman yang mencakup tahap koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 21 guru PAUD yang terbagi dari 3 lembaga PAUD dari Daerah tanjung Bumi Bangkalan sebanyak 9 guru dan 3 lembaga PAUD dari Kota Bangkalan sebanyak 12 guru. Setelah dilakukan uji coba media wire game dari limbah jagung pada lembaga PAUD di daerah Tanjung bumi kabupaten Bangkalan dan lembaga PAUD di kota Bangkalan didapatkan hasil angket guru menyatakan media Wire game yang terbuat dari limbah jagung dapat menstimulasi kemampuan anak dalam membuat pola sederhana, menstimulasi kemampuan mengklasifikasi benda, mestimulasi anak dalam membuat grafik sederhana

References

Agroekoteknologi, 2(1), 23–30.

Amzeri, A. (2018). Tinjauan Perkembangan Pertanian Jagung di Madura dan Alternatif Pengolahan Menjadi Biomaterial. Rekayasa, 11(1), 74–86.

Ariyanto, F. L., & Yuniar, D. P. (2020). Pemanfaat Limbah Tongkol Jagung Sebagai Media pembelajaran Anak Usia Dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 44–52.

Bunyamin, Z., Efendi, R., & Andayani, N. N. (2013). Pemanfaatan limbah jagung untuk industri pakan ternak. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian, 153–166.

Giti, C., Sasmiati, S., & Risyak, B. (2015). Pemahaman Guru Paud Tentang APE Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(4).

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Ziana, E. (2018). MELATIH KONSENTRASI MELALUI PERMAINAN WIRE GAME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Talenta: Journal of Early Childhood Education, 9(2), 88–105.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-09

How to Cite

Tri Ariyanto, F. L., & Nazarullail, F. (2022). TONGKOL JAGUNG SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 608–616. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.649