IMPLEMENTASI P5 MEDIA DIY HOME PROJECT: MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA PELAJARAN SENI BUDAYA

Authors

  • Sri Muafifah Universitas Ma’arif Lampung
  • Lutfi Fadilah Universitas Ma’arif Lampung
  • Hanif Amrulloh Universitas Ma’arif Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2412

Keywords:

P5, Media DIY home project, Kemandirian Siswa, P5, DIY home project media, student independence

Abstract

Learning independence is a very important skill and needs to be developed, especially in art and culture lessons in elementary schools. When conducting observations, researchers found a low level of independence of students in class III C MI NU Metro when doing assignments, such as copying their friends' answers, not bringing equipment for drawing, which caused the learning process to be unconducive. So an effective learning approach is needed, namely by implementing DIY (Do It Yourself) home project media in the context of P5, namely independence. This study aims to determine the Implementation of P5 in developing student learning independence in Art and Culture lessons through DIY home projects. This study uses a qualitative approach with a case study method.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Syahyuni Anggun, dan Siti Nurazizah, “Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran Matematika,” Jurnal Karimah Tauhid, 3.5 (2024)

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, dan Muhammad Win Afgani, “Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3.01 (2022), doi:10.47709/jpsk.v3i01.1951

Emira Hayatina Ramadhan, dan Hindun Hindun, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif,” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2.2 (2023), doi:10.55606/protasis.v2i2.98

Fadilah, Lutfi, “Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran DIY (Do It Yourself) pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NU Metro,” Attractive : Innovative Education Journal, 6.2 (2024)

Kosasih, Fauzy Rahman, Juhana Juhana, Lidwina Sri Ardiasih, Rahayu Dwi Riyanti, dan Benny Nugraha, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mewarnai bagi Guru dan Siswa TK Islamic Kids Corner Bogor,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4.2 (2022), doi:10.30653/jppm.v8i2.367

Nardawati, Nardawati, “Perencanaan Pendidikan Yang Baik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Digital,” Jurnal Literasiologi, 6.2 (2021), doi:10.47783/literasiologi.v6i2.254

Nurdin Arifin, Angela Merici Tihin, “Analisis Kemandirian Belajar Peserta didik Sekkolah Dasar,” Sistema : Jurnal Pendidikan, 5.1 (2024), <http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=MeryNoviyanti&familyName=&affiliation=UniversitasTerbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti>

Nursafitri, Syifa, Silfiyana, Muhammad Huda Faiqul, dan Alfa Solina, “Problematika dalam Penerapan Media Pembelajaran yang Berlaku di MI/SD,” Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1.1 (2021), <http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-793->

Rusi, Ibnur, Darwis Yustosio, Finaliza Angelia Deshka Op Sunggu, Arielda Putri Aditya, dan Rifka Elsya Suhardi, “SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Pemanfaatan barang bekas dalam menunjang keterampilan dan kreativitas siswa,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8 (2024)

Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, dan Yusuf Tri Herlambang, “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia,” Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), doi:10.31004/basicedu.v6i4.3274

Salim, A, M Faisal, dan H Hotimah, “Peningkatan Sikap Kemandirian Belajar melalui Penggunaan Media Pembelajaran Power Point pada Siswa Kelas,” Nubin Smart Journal, 1.4 (2024), <https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/145>

Septiana, Mita, “Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Gaya Hidup berkelanjutan,” BBGPDIY, 2023 <https://bbgpdiy.kemdikbud.go.id/artikel/2023/07/>

Suciati Wiwik, Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar (2016)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta, 2014)

Sumindar, Ahmad, dan Wahyu Lestari, “Model Pembelajaran Moving Class Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Implikasinya Terhadap Kemandirian Siswa (Kajian Kasus) Di Sma Karangturi Semarang,” Catharsis: Journal of Arts Education, 01.02 (2012)

Widyanto, I Putu, dan Endah Tri Wahyuni, “Implementasi Perencanaan Pembelajaran,” Jurnal Satya Sastraharing, 04.02 (2020)

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, dan Zakiah Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education, 5.2 (2023), doi:10.31004/joe.v5i2.1074

PlumX Metrics

Published

2025-04-10

How to Cite

Muafifah, S., Fadilah, L., & Amrulloh, H. (2025). IMPLEMENTASI P5 MEDIA DIY HOME PROJECT: MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA PELAJARAN SENI BUDAYA. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2412