Pengembangan Media Komik Digital Nussa Rara untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Rofiatun Nisa'

Abstract


Abstrak: Indonesia merupakan negara yang termasuk rendah minat untuk membaca. Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan minat baca salah satunya dengan mengembangkan media komik digital yang masih jarang diterapkan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media komik digital untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dengan mengacu pada model ADDIE. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah sepuluh sekolah di Kabupaten Lamongan yang berjumlah 352 Peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data angket dianalisis menggunakan kuantitatif deskriptif persentase dengan kualifikasi skala empat dalam pemberian makna, sedangkan efektivitas media dianalisis menggunakan uji t. Hasil pengembangan media komik digital nussa rara untuk meningkatkan minat baca peserta didik diperoleh: uji kelayakan oleh ketiga ahli dengan ketiganya berada pada kategori sangat baik. Media komik digital nussa rara efektif diterapkan kepada peserta didik dengan thitung > ttabel (2.806>1.960). Hasil uji kemenarikan media komik digital nussa rara didapatkan sebesar 94,86% dengan kategori sangat menarik.

Abstract: Indonesia is a country that has a low interest in reading. Hence, it is necessary to have learning media that can help increase reading interest; one of which is by developing digital comic media for the teachers. The purpose of this study is to develop digital comics media to enhance students' reading interests. This research employed Research and Development design using the ADDIE model. The research subjects were from ten schools in Lamongan Regency, totaling 352 students. The data were collected using a questionnaire. The questionnaire results were analyzed and presented in percentages. Meanwhile, the effectiveness of the media was analyzed using the t test. The results showed that the Nussa Rara digital comics media could enhance students' reading interests. The feasibility test by the three experts exhibited the very good category. The Nussa Rara digital comics media can be effectively applied to students with tcount > ttable (2.806>1.960). Last but not least, the attractiveness test results of the Nussa Rara digital comics media showed 94.86% with a very interesting category.

Keywords


Komik Digital; Minat Baca; Pengembangan; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amalia Rahmi, A., & Febrina Dafit. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Ernawati, Y., Rufii, & Waluyo, D. A. (2020). Komik Digital Ekonomi Untuk Generasi Milenial. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 7–15. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1655

Farhan Saefudin Wahid, O., Mutaqin, A., & Muhadi Setiabudi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Media Bina IlmiaH, 16(5). https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1392

Fironika Kusumadewi, R., Ulia, N., & Sari, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Phenomenon, 10(1). 10.21580/phen.2020.10.1.6339

Gahir, S., Sahu, S., & Sahoo, S. (2022). Relationship between Study Habits and Academic Achievement of Secondary School Students. Contemporary Research in Education and English Language Teaching, 4(1). https://doi.org/10.55214/26410230.v4i1.187

Gailey, A. (2014). Teaching attentive reading and motivated writing through digital editing. CEA Critic, 76(2). https://doi.org/10.1353/cea.2014.0011

Harismawan, W. (2020). Penggunaan Komik Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1). https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.634

Kurt, S. (2019). An introduction to the addie model: Instructional design: The Addie approach. In Independently Published.

Kusumadewi, R. F., Neolaka, A., & Yasin, M. (2020). Bahan Ajar Komik Matematika Berbasis Digital Bagi Siswa Sekolah Dasar. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1). https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.1.6339

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3). https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Maryani, Y. (2020). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas X SMKN 3 Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.23969/wistara.v3.i1.2563

Mushlihah, K., Yetri, Y., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman dengan Output Instagram pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3595

Nadia Mardhatillah, Kadek Suranata, & Gusti Ayu Putu Sukma Trisna. (2022). Komik Video Digital (KOVID) Bernuansa Bali Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50331

Nasution, A. E. (2019). E-Kompen (Elektronik-Komik Pendek) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal). https://doi.org/10.30829/iqra.v13i1.4365

Owusu-Acheaw, M., & Larson, A. G. (2014). Reading Habits Among Students and Its Effect On Academic Performance: A study of students of Koforidua Polytechnic. Library Philosophy and Practice, 2014(1).

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR, 2(1).

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2). https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213

Senjaya, R. P., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Judikdas, 1(2). https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248

Setiani, D., Dewi, P. F. A., Delya, S. M., Rahmawati, V., & Dasmo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Digital Berbasis Line Webtoon Pada Pokok Bahasan Tekanan. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.4008

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Supriyanto, H., & Haryanto, S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3376

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1). https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Yusmawati, Y., & Lubis, J. (2019). The Implementation of Curriculum by Using Motion Pattern-Based Learning Media for Pre-school Children. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1). https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.14




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i1.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rofiatun Nisa'

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.