Dampak Keluarga Broken Home terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30736/atl.v7i1.1395Keywords:
Aktivitas belajar, keluarga broken home, sekolah dasar.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keluarga Broken Home terhadap aktivitas belajar siswa SD Negeri SP 2 Pandan Sari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ini 4 siswa SD Negeri SP 2 Pandan Sari, Fokus penelitian ini mengetahui dampak yang terjadi kepada siswa broken home dalam aktivitas belajar. Hasil penelitian bahwa siswa broken home mengalami dampak dalam aktivitas belajar. Dampak positif siswa broken home siswa berani menyampaikan pendapat, mandiri, cermat, lebih dewasa dan bijak dalam bertindak. Hal tersebut disebabkan oleh masih adanya dampingan orang tua terutama ibu. Namun sebaliknya, dampak negatif yang terjadi pada siswa broken home siswa kurang fokus dalam belajar, kurang percaya diri, pemalu dan anti sosial. Hal tersebut disebabkan tidak adanya dampingan orang tua terutama ibu. Dengan demikian guru dapat mengambil peran ibu selama pembelajaran di sekolah dengan memberikan dampingan, bimbingan, arahan, motivasi dan perhatian lebih kepada siswa yang berdampak negatif broken home. Guru juga harus menerapkan model/media pembelajaran yang efektif agar siswa berperan aktif dalam aktivitas belajar.
Abstract: This study seeks to identify the impact of the broken home family on the students’ learning activities at Elementary School SP 2 Pandan Sari, Indonesia. This research employed a qualitative approach. The data collection methods used were observation, interviews, and documentation. Four students from the target school participated in this study. This research focuses on what occurs in the learning activities of students from broken home families. The results reveal that the students experience several impacts on their learning activities. The positive impact is that the students dare to express opinions, are independent, careful, more mature and wise in their actions. This is due to the presence of parents, especially mothers. On the contrary, the negative impact occurred is that the students lack focus in learning, lack self-confidence, are shy and antisocial. This is due to the absence of parental assistance. Hence, the teacher can take on the parents’ role during learning at school by providing assistance, guidance, direction, motivation and more attention to students who are negatively affected by the broken home family. The teacher should also apply an active learning model/media so that such students can play an active role in the learning activities.
Downloads
References
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72
Amaliyah, E. R., & Pratikto, H. (2017). The Effect of Family and School Cultural Environment Through Self Efficacy on Student Learning Result. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 222–234. https://doi.org/10.17977/um003v3i32017p222
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588
Anisah, N., Nursanti, S., & Ramdhani, M. (2021). Positif Behavior and Achievements in Broken Home. JURNAL KOMUNIKATIO, 7(1). https://doi.org/10.30997/jk.v7i1.4232
Ardilla, A., & Cholid, N. (2021). Pengaruh Broken Home Terhadap Anak. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/stu.v6i1.1968
Ariaten, K. R., Feladi, V., & Budiman, R. D. A. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 38–44.
Ariyanto, K. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.37329/metta.v3i1.2380
Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809.
Dinda permata sari. (2021). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Al-Washliyah 25 Medan Marelan. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180. Retrieved from http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Gunarta, I. K. (2016). Peran Keluarga dalam Meningkatkan Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 78. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.64
Hairiyah, S., & Arifin, S. (2020). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sejak Dini. Jurnal Kariman, 8(02), 279–294. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.150
Herawati, T., Krisnatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan fungsi keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 213–227.
Hermaliza, H., Efendi, J., & Gistituati, N. (2019). The Effect of Learning Model Project Based Learning on The Activities and Study Results of IPA Graders VI. Proceedings of the 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 116–119. Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.27
Jumarniati, J., & Anas, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 41–47. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.113
Karolin. (2022). Hasil Wawancara Kepada Siswa.
Krisdayanti, V., & Maryani, N. (2021). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Pengembangan Psikologi Anak Era New Normal DI Desa Jaya Mekar Kota Sukabumi Jawa Barat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 51–62.
Lestari, S. (2012). Family Psychology. Jakarta: Kencana Media Perdana Group.
Maghfiroh, N. L., Siregar, R. D., Sagala, D. S., & Khadijah, K. (2022). Dampak Tumbuh Kembang Anak Broken Home. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 42–48.
Mamuly, W. F., & Paunno, M. (2021). Dampak Psikologi dan Sosial Terhadap Kesehatan Mental Anak Korban Broken Home di Desa Hattu Kabupaten Maluku Tengah. 2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN, 11(1), 17. https://doi.org/10.33846/2trik11104
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: SAGE Publications Inc.
Mistiani, W. (2020). Dampak Keluarga Broken Home terhadap Psikologis Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 322–354. https://doi.org/10.24239/msw.v10i2.528
Muttaqin, I., & Sulistyo, B. (2019). Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Keluarga Broken Home. Jurnal Raheema:Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(2), 245–256.
Noor, N. A., & Munandar, I. (2019). The Effect of Cooperative Learning Models on Increasing Learning Results and Student Activities in Mathematic Lessons. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31327/jomedu.v4i1.883
Novianto, R., Zakso, A., & Salim, I. (2018). Analisis dampak broken home terhadap minat belajar siswa Sma Santun Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31560
Nurkumalarini, E. (2020). Tinjauan Motivasi Belajar Siswa Pada Keluarga yang Mengalami Perceraian (Broken Home) di Sekolah Dasar Negeri Jemur Wonosari 1. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 10(3), 254–262.
Rahayu, S. M. (2017). Konseling Keluarga Dengan Pendekatan Behavioral: Strategi Mewujudkan Keharmonisan Dalam Keluarga. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 2, 264–272. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1295
Ramadhani, P. E., & Krisnani, H. (2019). Analisis Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Anak Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 109. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23126
Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.
Rusni, I., Karnilawati, K., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10896–10899.
Sari, D. P. (2021). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sd Al-Washliyah 25 Medan Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4).
Savitri, D. I., Degeng, I. N. S., & others. (2016). Peran Keluarga dan guru dalam membangun karakter dan konsep diri siswa Broken Home di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 861–864.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: Rajawali Pers.
Sunarsih, W. (2021). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Penerbit Adab.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197–211. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880
Trianingsih, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter, 3(2), 9–16.
Wahid, R., Herlambang, Y. T., Hendrayani, A., & Susilo, S. V. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633.
Wardiansyah, J. A., & Savira, L. (2022). Perkembangan Psikologi Anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Akibat Pengaruh Keluarga Broken Home. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 47–56.
Wilis, S. S. (2015). Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.
Yahya, U. (2016). Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The journal allows third parties (readers, researchers, and others) to share and adapt the material in line with the license. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicate if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original.