Pendidikan Karakter Anak: Studi Komparasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Abdullah Nashih Ulwan

Rubi Alamsyah Mamonto, Muhammad Najib, Anis Mahmudah, Ani Khoirotun Nisa, Maya Rahma Sarita

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan dan membedakan bagaimana Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan karakter pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe literature review. Pendekatannya melibatkan membandingkan setidaknya dua tokoh pendidikan. Pengumpulan informasi dilakukan dengan mencari beberapa sumber penting di antaranya meliputi sumber primer dari buku yang membahas pemikiran kedua tokoh tersebut dan adapun sumber sekundernya dari beberapa artikel yang berkaitan dengan kedua tokoh tersebut. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga memperoleh hasil kajian yang menunjukkan bahwa Abdullah Nashih Ulwan sebagai tokoh pendidikan Islam, dan Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan nasional, dari kedua tokoh tersebut menekankan pentingnya pendidikan karakter. Namun Ki Hajar Dewantara mendasarkan pendidikan karakternya pada nilai-nilai budaya bangsa yang menjadi titik perbedaan pemikiran mereka. Sedangkan Abdullah Nashih Ulwan, berpedoman pada ajaran Islam dalam melaksanakan pendidikan karakter. Demikian pula, metode pendidikan karakter yang disepakati kedua tokoh tersebut yaitu metode keteladanan, pembiasaan, dan pengawasan. Namun pada metode pendidikan Abdullah Nashih ulwan ada tambahan metode yaitu metode  Nasehat dan hukuman sebagai upaya dalam pendidikan karakter anak. Hal inilah yang menjadi pembeda dari pemikiran metode pendidikan kedua tokoh tersebut. 

Abstract: The purpose of this study is to compare and contrast how Abdullah Nashih Ulwan and Ki Hajar Dewantara think about character education in children. This research is qualitative research with a literature review type. The approach involves comparing at least two educational figures. Information collection is done by looking for several vital sources, including primary sources from books that discuss the thoughts of the two figures and secondary sources from several articles related to the two figures. The data collected is then analysed so as to obtain the results of a study that shows that Abdullah Nashih Ulwan, an Islamic education figure, and Ki Hajar Dewantara, a national education figure, emphasise the importance of character education. However, Ki Hajar Dewantara based his character education on the cultural values of the nation, which became the point of difference in their thinking. Meanwhile, Abdullah Nashih Ulwan is guided by Islamic teachings in implementing character education. Similarly, the methods of character education that the two figures agree on are the methods of exemplary, habituation, and supervision. However, in Abdullah Nashih Ulwan's education method, there are additional methods, namely the method of advice and punishment as an effort in children's character education. This is what makes the difference from the thought of the education method of the two figures. 

Keywords


Pendidikan Karakter, Ki Hajar Dewantara, Abdullah Nashih Ulwan

References


Albany, D. A. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3393

Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Child Education Journal, 2(1), 34–47. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1520

Anisah, N. (2009). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 117. https://doi.org/10.18326/mdr.v1i1.117-160

Arsyad, J., Ok, A. H., & Pasaribu, T. (2023). Teacher Competence In The Book Of Tarbiyatul Awlad Fii Islam By Abdullah Nashih Ulwan. Tadrib, 9(1), 16–34. https://doi.org/10.19109/tadrib.v9i1.13346

Bustomi, A., Zuhairi, Z., & Basyar, S. (2022). Ki Hajar Dewantara Thought on Character Education in The Perspective of Islamic Education. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4401

Devi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Sistem Among di Perguruan Taman Siswa Yogyakarta (1922-1945). Periode: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 2(2), 87–99. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/periode/article/view/18711/9782

Handayani, I. P., & Irawan, D. (2022). Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Telaah Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 20(1), 113–132. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1267/852

Hermawan, A. R., Bariah, O., & Ramdhani, K. (2021). Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 812–822. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1772

Indarti, T. (2019). Implementasi Tringa Tamansiswa Dalam Manajemen Sdm Untuk Kemajuan Sekolah. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v5i1.4048

Kamal, F., & Ma’rufah, U. (2019). Pandangan Abdullah Nashih Ulwan Tentang Aktualisasi Pendidikan Etika Dan Keteladanan Guru Sebagai Pendidik Yang Berkarakter Dalam Tarbiyah Al-Aulād Fi Al-Islām. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.812

Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–158. https://ummaspul.e-journal.id/Jenfol/article/view/434/252

Lubis, R. R. (2019). Historisitas Dan Dinamika Pendidikan Karakter Di Indonesia. 1(2). https://jurnal.stai-nias.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/16/16

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muliadi, A., & Pahmi, M. Z. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Dalam Tasyrih Wasiat Renungan Masa Karya Tgkh. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 43–54. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39444

Nasrullah, N., & Adi, H. C. (2022). Nilai- nilai pendidikan Islam dalam ajaran Ki Hajar Dewantara. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 20(2), 1269–1278.https://www.jurnal.iainbone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/1417/pdf

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83–91. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Nurhalita, N., & Hudaidah, H. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 298–303. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299

Nurjanah, I. J., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3),9435–9439. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2503/2171

Pratiwi, N. K. S. P. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Ragil Dian Purnama Putri & Veni Veronica Siregar. (2021). Urgensi Menanamkan Akhlak pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-04

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rijal, A., Kosasih, A., & Nurdin, E. S. (2022, November 16). Thomas Lickona and Yusuf Qardhawi: Creating Value for Character Education Through Narrative. 15–24. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-15-2_3

Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 345–354. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1833

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad, 1(2), 54–64.

Sanusi, A. (2020). Metode Pendidikan Ahlak Anak Usia Dini dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Nasional: (Telaah Pemikiran Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan). Jurnal Penelitian Keislaman, 16(2), 87–102. https://doi.org/10.20414/jpk.v16i2.2610

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, … Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Trismahwati, D. (2021). Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 49–62. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/275/370

Ulwan N, A. (2020). Pendidikan Anak Dalam Islam. Solo: lnsan Kamil.

Utama, M. M. A. (2022). PAI Learning Media in The Perspective of Abdullah Nashih Ulwan in The Society Era 5.0. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(2), 249–259. https://doi.org/10.21093/sajie.v4i2.4607

Ariyanti, N., & Himsyah, U. Z. A. (2021). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Profetik Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara melalui Kegiatan Kepramukaan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4348

Zulfiati, H. M. (2019). Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hajar Dewantara Dalam Membentuk Generasi Unggul Era Revolusi Industri 4.0. https://core.ac.uk/download/pdf/230387054.pdf




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rubi Alamsyah Mamonto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.