Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Wafa Di Taman Kanak-Kanak Islam Khaira Ummah Padang

Authors

  • Gustia Wulanda Yuma Universitas Negeri Padang
  • Nur Hazizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1359

Keywords:

Pengenalan Huruf Hijaiyah, Metode Wafa, Anak Usia Dini,

Abstract

Huruf hijaiyah yang kini diproduksi dengan berbagai teknik akan diperkenalkan. Pendekatan wafa merupakan salah satu strategi pembangunan. Untuk mendeskripsikan bagaimana huruf hijaiyah diajarkan di TK Islam Khaira Ummah Padang, maka dalam penelitian ini digunakan teknik wafa. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. di TK Islam Khaira Ummah Padang, bekerjasama dengan para civitas akademika dan para guru. Ada beberapa metode analisis statistik, seperti observasi, percakapan, dan dokumentasi. Berdasarkan kesimpulan penelitian, diperlukan perencanaan yang substansial sebelum merancang RPP, media, dan sumber belajar. 2) Pendahuluan, isi utama, dan ringkasan merupakan tiga tahapan prosedur pelaksanaan. 3) Strategi, khususnya strategi konvensional dan privat. 4) Evaluasi, khususnya evaluasi harian dan evaluasi perluasan buku

References

Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. 6(1), 69–76.

Hikmi, R.N., Halimi, A., dan Azizi, H. (2018). Efektivitas Metode wafa dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MI Miftahul Huda Bandung. Jurnal Pendidikan agama Islam, (4).

Rohmaturrosyidah, S., Solihah, I., & Ponorogo, I. (2017). Pembelajaran Al- Qur ’ an Metode “ Wafa â€: Sebuah Inovasi Metode Pembelajaran Al- Qur ’ an dengan Optimalisasi Otak Kiri dan Otak Kanan

. Imroatun. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini . Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. (2), 180.

Iqromah, Fitri. (2018). Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (1).

LINA, EKA KHOIRIYAH. KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE WAFA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI QUR’AN HADIS DI MI NURUL HUDA GROGOL. Diss. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018.

Maqsuri, Ainil. (2018). Urgensi Metode Wafa dalam Perbaikan Tajwid Al-Qur’an. Jurnal of Islamic Education, 1 (2).

Mulyasa. (2014). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Pangastuti, Ratna. (2017). Pembelajaran Al-Qur’an Anak Usia Dini melalui Metode Wafa. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Islamic Early Chilhood Education, (2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 146 tahun 2014.

Qisom, Shobikhul. (2019). Buku Pintar Guru Al-Qur’an. Surabaya: PT Kualita Media Tama.

Ratnawati, S.R. dan Solihah, I. (2017). Pembelajaran Al-Qur’an Metode Wafa: Sebuah Inovasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Optimalisasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Annual Conference on Islamic Early Chilhood Education, (2).

Santiago, Deri dan Ahmad Kokasih. (2022). Pengunaan Metode wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Khaira Ummah. As-Sabiqun Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4 (3).

Sari, Ika Mutia dan Asdi Wirman. (2019). Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pengambiran Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Chilhood Education, 4(1).

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ubaidillah, Khasan. "Penerapan Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’ an Anak Di RA Ar Rasyid Kartasura." Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 3.2 (2018): 183-196.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 14 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-09

How to Cite

Yuma, G. W., & Hazizah, N. (2023). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Wafa Di Taman Kanak-Kanak Islam Khaira Ummah Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 96–101. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1359

Issue

Section

Articles