Manajemen Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Almi Hidayat IAIN TAKENGON
  • Rahmah Nurfitriani IAIN TAKENGON

DOI:

https://doi.org/10.30736/atl.v5i2.550

Keywords:

Manajemen, Kedisiplinan, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Abstrak:  Sejak pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran di madrasah beralih dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring, sehingga kepala madrasah tetap harus mengedepankan aturan kedisiplinan bagi para guru agar proses pembelajaran berjalan optimal meskipun melalui proses pembelajaran dalam jaringan. Tujuan penelitian ini  mengetahui tentang manajemen kepala madrasah MIN 3 Aceh Tengah dalam meningkatkan kedisiplinan guru pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil temuan penelitian adalah: 1) menyatukan persepsi bersama guru, 2) melakukan bimbingan kegiatan pembelajaran bagi para guru dalam menggunakan media digital, 3) memfasilitasi wifi, 4) memonitoring kinerja guru setiap minggu, 5) mengevaluasi kinerja guru di akhir bulan, 6) menegakkan disiplin protokol kesehatan, 7) menetapkan aturan fingerprint, 8) menegakkan disiplin dalam berpakaian rapi dan sopan dan 9) memberikan hadiah bagi guru teladan. Kendalanya adalah guru tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran tepat waktu meskipun telah tersedia wifi di sekolah, hal ini karena mayoritas siswa tidak memiliki handphone android sehingga pembelajaran daring kurang efektif. Solusinya adalah dengan menginstruksi guru untuk mengajari siswa yang tidak memiliki handphone android agar datang ke sekolah kemudian membawa soal latihan untuk dikerjakan di rumah.

Abstract: Since the Covid-19 pandemic, the learning activities in madrasah (Islamic school) have shifted from face-to-face learning to online learning, so the school principal still has to prioritize disciplinary rules for teachers to make the learning process run optimally even though the learning process is online. The purpose of this study is to find out the management of the madrasah principal of MIN 3 Central Aceh in improving teacher’s discipline in online learning during the Covid-19 pandemic. This descriptive qualitative research employed interviews, observations and documentation as the data collection techniques. The results of the present research were: 1) unifying perceptions with teachers; 2) conducting guidance on the  learning activities for teachers using digital media; 3) facilitating Wi-Fi; 4) monitoring teacher’s performance every week; 5) evaluating teacher performance at the end of the month; 6) enforcing the health protocols; 7) setting fingerprint rules; 8) enforcing people to dress neatly and politely; and 9) giving prizes for exemplary teachers. However, the problem was that the teachers mostly could not carry out the learning process on time even though there was Wi-Fi available at the school. This was because the majority of the students did not have an Android cellphone so online learning was less effective. The solution is to instruct the teacher to allow the students who do not have an android phone to come to school and to give them questions to do at home.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Almi Hidayat, IAIN TAKENGON

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Rahmah Nurfitriani, IAIN TAKENGON

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Alifuddin, M. (2014). Etika Berbusana dalam Perspektif Islam. Jurnal Shautut Tarbiyah, 1(1), 80–89.

Ayub, U., & Syukri, M. (2014). Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1–16.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Fifi Amriany, F., R., Y. P., & Atmadji, G. (2004). Iklim Organisasi yang Kondusif Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Fifi. Anima, Indonesian Psychological Journal, 19(2), 179–193.

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Idris, J. (2016). Profesional Tenaga Kependidikan pada SMA Negeri 5 Darussalam Banda Aceh. 4(1), 12–22.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Khafidah, W. (2019). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Tenaga Administrasi. Serambi Tarbawi Jurnal studi pemikiran, riset dan pengembangan pendidikan islam, 7(9), 1689–1699.

Khairuddin. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah di tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan “EDUKASI,†8(2), 171–183.

Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan ideal pada era generasi milenial. Transformasi: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 10(1).

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3 ed.). SAGE Publications, Inc.

Muhaimin, D. (2011). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muhyidin Albarobis. (2012). Kepemimpinan Pendidikan (1 ed.). Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Noviardila, I. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bola (Bersama Olahraga Laju Asia), 3, 1–21.

Purwanto, J. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Reward and Punishment Di Sdn Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(2), 58–69.

Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Pada SDN 18 Balikpapan. Ejournal Administrasi Negara.

Samsidar, S. (2016). Implementasi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 1(2), 229. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.316

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (8 ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taher, S., M., & Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 4(2), 42, 4(2).

Uriatman, M. (2015). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisplinan Guru. Manajer Pendidikan, 9(6), 822–827.

PlumX Metrics

Published

2022-04-06

How to Cite

Hidayat, M. A., & Nurfitriani, R. (2022). Manajemen Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 89–100. https://doi.org/10.30736/atl.v5i2.550