Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di SD Plus Al-Kautsar Malang

Dwi Saraswati, Wahidmurni Wahidmurni, Indah Aminatuz Zuhriyah

Abstract


Abstrak: Teori multiple intelligences (MI) pertama kali diperkenalkan oleh Howard Gardner dengan 9 kecerdasan. Penelitian ini berfokus pada kecerdasan visual-spasial pada siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang yang bertujuan untuk mendeskripsikan tiga aspek diantaranya: (1) strategi pembelajaran tematik berbasis MI dalam mengembangkan kreativitas siswa (meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi), (2) bentuk kreativitas Siswa visual-spasial, dan (3) implikasi pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences (MI) dalam meningkatkan kreativitas siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data mengacu pada Miles, Huberman and Saldaña antara lain kondensasi data, menyajikan data dan verifikasi penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil temuan penelitian (1) strategi pembelajaran tematik berbasis MI dalam mengembangkan kreativitas siswa, meliputi perencanaan berupa MIR, lesson plan, implementasi di antaranya pendahuluan (zona alfa, warmer, scene setting), kegiatan inti yaitu sumber belajar, teaching aids, prosedur aktivitas dan proyek, penutup. Evaluasi yaitu aspek sosial-spiritual, kognitif, psikomotorik. (2) kreativitas siswa menggambar, membuat karya dari balok, menyusun puzzle, membuat kincir angin, gambar batik, poster (3) implikasi antara lain penyediaan sarana prasarana dan pembelajaran individu. 

Abstract: The theory of multiple intelligences (MI) was first introduced by Howard Gardner covering nine intelligences. This research focuses on the visual-spatial intelligence among five graders at Primary School Plus Al-Kautsar Malang, aimed to describe three aspects: (1) the MI-based thematic learning strategies in developing student creativity (covering planning, implementation, and evaluation), (2) the forms of students’ visual-spatial creativity, and (3) the implications of such learning in increasing student creativity. The research method was qualitative case study using observation, interviews, documentation as the data collection techniques. The data analysis techniques covered reducing data, presenting data and drawing conclusions, checking the validity of the data using the triangulation method based on Miles and Huberman’s theory. The research findings demonstrated the MI-based thematic learning strategies in developing student creativity in the forms of MIR, lesson plans, introductory activities (alpha zone, warmer, scene setting), core activities using learning resources, teaching aids, activity procedures and project, and closing activities. The evaluation addressed the social-spiritual, cognitive, psychomotor aspects. The students' creativity was realized in the forms of drawing, making works of blocks, composing puzzles, making windmills, batik pictures, and posters. Then, the implications raised include the provision of infrastructure and individual learning.


Keywords


Pembelajaran Tematik, Multiple Intelligences, Kreativitas, Visual-spasial

References


Alfiyyah Azmi, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kecerdasan Visual-spasial Siswa Kelas V di MIS Hayatul Islamiyah Cinangka. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Buku Panduan Akademik SD Plus Al-Kautsar Malang. (2018). Malang.

Chatib, M. (2019). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia (3rd ed.). Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka.

Dharin, A. (2015). Pendidikan Dasar Berbasis Multiple Intelligences (Studi Pada Sdit Annida Sokaraja Dan SD 01 Al Irsyad Purwokerto. Laporan Penelitian Individual Diajukan Kepada LPPM IAIN Purwokerto.

Dokumen Daftar Peserta Didik Kelas 5 Tahun Pelajaran 2021/2022 SD Plus Al-Kautsar Malang. (2022).

Dokumen Daftar Peserta Didik Kelas 5D Visual-Spasial, Natural, Matematis-Logis Tahun Pelajaran 2021/2022 SD Plus Al-Kautsar Malang. (2022).

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (2nd ed.). Park Avenue South, New York: Basic Books, A Member of the Perseus Books Group.

Jufri, M. (2022). Laporan Hasil Psikologi Multiple Intelligences Research (MIR). SD Plus Al-Kautsar Malang.

Karwadi. (2020). Implikasi Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran di SD/MI.

Khummariyatun, & Ismanto. (2018). Supervisi Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, 6(1).

Kusumarachman, A. (2018). Analisis Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Studi Kasus Di Sd Lazuardi Kamila Global Islamic School Kota Surakarta. Yogyakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Pascasarjana.

Legowo, E. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1–8. doi: 10.17977/um001

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). London: Sage Publications, Inc.

Nurhidayati, T. (2020). Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences Bagi Siswa Sekolah Dasar (1st ed.). Kepanjen, Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Observasi Kegiatan Pembelajaran Tematik di Kelas 5D di SD Plus Al-Kautsar Malang Pada Tanggal 17 Mei 2022. (2022).

Pitriani, S., & Andrean, S. (2020). Analisis Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Multiple Intelligences Di Era Revolusi Industri 4.0. el-Midad : Jurnal PGMI, 12(1), 16.

Ramadhanti, M., & Safitri, E. R. (2020). Implementasi Pembelajaran BCCT Berbasis Multiple Intelligences Dalam Mengembangkan Karakter Siswa. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 37–42. doi: 10.30998/fjik.v7i1.6220

Riberu, H., Azis, A., & Idawati. (2020). Pengaruh Strategi Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Sekolah Dasar Kelas IV SDI Anagowa. EduPay Couns Journal, 2(1).

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Multiple Intelligences Berbasis Budaya Batak Angkola Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(4), 302–302. doi: 10.37081/ed.v7i4.1427

Sugiono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, (26th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukitman, T. (2020). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Dalam Pendidikan Ips Di Sekolah Dasar. Likhita Prajna. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 1–12.

Syafiqah, A., Ruslan, & Darwis. (2020). Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal Geometri pada Siswa Kelas VII SMP. Issues in Mathematics Education, 4(1), 68–82.

Tampubolon, J., & Widjaja, S. (2019). Penerapan Metode Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Minat Belajar ( Studi Kasus Di Sekolah Carnegie). Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Wahidmurni, W. (2017a). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Research Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wahidmurni, W. (2017b). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Research Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wula, P. (2014). Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Melalui Model Pembelajaran Inteligensi Ganda. JUMPA Jurnal Masalah Pastoral, 3(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i1.1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Saraswati, Wahidmurni Wahidmurni, Indah Aminatuz Zuhriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.