Pengembangan Media Arabic Docard Pada Pembelajaran Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.30736/atl.v5i2.581Keywords:
Pengembangan Media, Arabic Docard, Pembelajaran KosakataAbstract
Abstrak: Permasalahan yang terjadi di lapangan belum adanya media inovatif pada pelajaran Bahasa Arab khususnya materi kosakata (Mufrodat) pada kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI), selain itu kurangnya minat siswa pada pembelajaran Bahasa Arab dikarenakan pembelajaran kurang menarik hanya memanfaatkan buku ajar tanpa adanya media sehingga menjadikan pembelajaran monoton. Permasalahan tersebut mendasari dilakukannya pengembangan media Arabic Docard  pada materi kosakata Bahasa Arab. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan media Arabic Docard dan mengetahui kemenarikannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 9 tahapan diantaranya 1) Penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan format produk awal, 4) Uji Coba Awal, 5) Revisi, 6) Uji Coba Lapangan, 7) Revisi , 8) Uji Lapangan, 9) Revisi Produk Akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Arabic Docard dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab memiliki tingkat validitas yang baik dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi 90%, hasil validasi ahli bahasa 100%, hasil validasi ahli desain 100%, ahli pembelajaran 96%, Uji Perorangan 90%, Uji kelompok kecil 91% dan Uji operasional 97%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Arabic Docard pada pembelajaran kosakata Bahasa Arab memiliki tingkat validitas dan daya tarik yang tinggi.
Abstract: The problem identified in the field is that there is no innovative media in Arabic lessons, especially vocabulary materials (Mufrodat) for third graders at Islamic elementary school (Madrasah Ibtidaiyah). Additionally, the lack of students’ interest in learning Arabic is found because the learning is less interesting, only using textbooks without any media. These problems underlie the development of Arabic Docard media on the Arabic vocabulary learning materials. The purpose of this research is to develop the Arabic Docard media and find out its attractiveness. The research method used was a research and development method, using Borg and Gall’s development model which consists of nine stages: 1) Research and information gathering, 2) Planning, 3) Initial product format development, 4) Initial Trial, 5 ) Revision, 6) Field Trial, 7) Revision, 8) Field Test, 9) Final Product Revision. The results showed that the Arabic Docard media for learning Arabic vocabulary had a good level of validity, as evidenced by the results of the expert materials validation 90%, the linguist validation 100%, the expert design validation 100%, the learning expert 96%, the individual testing 90%, the small-group testing 91%, and the operational testing 97%. Hence, it can be concluded that the Arabic Docard media for learning Arabic vocabulary demonstrates a high level of validity and attractiveness.
Â
Downloads
References
Anesia, R., Anggoro, B. ., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 53–57. Diambil dari https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1). Diambil dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665/4066
Bakri, F., Rasyid, R., & Mulyaningsih, R. D. A. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). JPPPF: Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 72. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.01211
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Crea, S. M., J, M., & Leyva, L. (2012). Stay Sharp With Dominos. Free e-books.
Faizin, M., Al-Ghozali, M. D. H., & Zulfah, M. A. (2020). Penggunaan Permainan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII di MTs Tarbiyatus Shibyan Surabaya. Journal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). Diambil dari http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/LAN/article/view/3755/2743
Fithriyah, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Arabic Domino Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Mufrodat Siswa Kelas III di MI Al-Kautsar Lamongan. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). https://doi.org/10.30736/atl.v2i1.196
Hasani, Z. F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kartu Domira untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Pemalang. Lisanan Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/liar.v1i02.204
Helaluddin, & Syawal, S. (2017). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p088
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 68. Diambil dari http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94/94
Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611
Rohmaini, Luthvia Netriwati, Netriwati Komarudin, Komarudin Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2). Diambil dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3649/3367
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). In Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The journal allows third parties (readers, researchers, and others) to share and adapt the material in line with the license. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicate if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original.