Penerapan Model Scramble Berbantuan Media Kartu Suku Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1505Keywords:
Model scramble, Kartu suku kata, Keterampilan membacaAbstract
Abstrak: Keterampilan membaca memiliki signifikansi yang besar, karena melalui membaca, tidak hanya kemampuan dan wawasan meningkat, tetapi juga memunculkan dasar untuk perkembangan imajinasi. Rendahnya keterampilan membaca siswa merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran scramble berbantuan media kartu suku kata di kelas III SDN Pilang 1. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dalam mengelola kelas model scramble berbantuan kartu suku kata pada siklus I (95% dengan kriteria amat baik) mengalami peningkatan pada siklus II (97,5% dengan kriteria amat baik). Adapun aktivitas siswa pada siklus I (88,75% dengan kriteria amat baik) meningkat pada siklus II (91,25% dengan kriteria amat baik). Penggunaan model scramble berbantuan kartu suku kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SDN Pilang 1 ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 78% pada siklus II.
 Abstract: Reading skills have great significance because through reading, not only ability and insight increase but also give rise to the basis for the development of imagination. The low reading skills of students are a problem in this research. This research aims to determine the improvement of students' reading skills in Indonesian language subjects using the scrambling learning model assisted by syllable card media in class III of SDN Pilang 1. This research method uses Classroom Action Research (PTK), which is carried out in cycles using the Kemmis model. & McTaggart, which consists of planning, implementation, observation and reflection. The research results showed that teacher activity in managing the scramble model class with the help of syllable cards in cycle I (95% with very good criteria) increased in cycle II (97.5% with very good criteria). Meanwhile, student activity in cycle I (88.75% with very good criteria) increased in cycle II (91.25% with very good criteria). The use of the scramble model assisted by syllable cards can improve the reading skills of class III students at SDN Pilang 1, as shown by classical completion in cycle I of 65%, increasing to 78% in cycle II.
Â
Downloads
References
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Ardika, W., dkk. (2018). Inovasi Dalam Pembelajaran. Bali:CV. Grapena Karya.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal pendidikan anak, 8(1), 29-37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru (pertama). Purwokerto: CV. Pena Persada.
Azizah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Inpres Baru Palu Barat. Skripsi diterbitkan. Palu: IAIN Palu.
Azizah, A., & Nuraeni, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(2), 452-462.
Dewi, S. E. K., & Pertiwi, R. P. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD/MI dengan Metode Iqro di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Purwodadi Belitang Mulya OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.427
Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas. Medan: Harapan Cerdas..
Lestariningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Menggunakan Media Kartu Kata Pada Materi Membaca. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 2(2).
Marlina, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Scramble Pada Peserta Didik Kelas I SD Negeri 002 Benteng Kecamatan Sungai Batang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 409–418.
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4532
Miftahul Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mustatiroh, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas I SD Negeri Gembongan. Basic Education, 5(10), 940-945.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Sleman: Deepublish.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232 32. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713-726.
https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Sumardjan. (2017). Media Kartu Sekolah Dasar. Semarang: Formaci.
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher).
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Sumira, D. Z., Deasyanti, D., & Herawati, T. (2018). Pengaruh Metode Scramble Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian journal of primary education, 2(1), 62-71. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11673
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21-31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26
Tanjung, R., & Toyyib, A. M. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Pasirkaliki II Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133.
https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299
Wachidah, K., & Wardana, M. D. K. (2018). Buku Ajar Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah. Umsida Press, 1-115. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-40-9
Wahyuni. (2020). Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 26 Aceh Besar. Skripsi Diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Wati, S. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Scramble Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi diterbitkan. Sumatera Utara: Universitas Quality.
Zulkarnaini, Z., & Mahdalena, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Suku Kata dengan Model Pembelajaran Scramble di Kelas I SD Negeri 16 Juli. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 6(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The journal allows third parties (readers, researchers, and others) to share and adapt the material in line with the license. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicate if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original.