Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Implikasinya Terhadap Perilaku Sosial dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30736/atl.v7i1.1420Keywords:
perkembangan sosial, perilaku sosial, pembelajaran, sekolah dasar, madrasah ibtidaiyahAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan upaya guru dalam mengembangkan perilaku sosial siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Studi literatur digunakan untuk menganalisis kajian-kajian yang berkaitan dengan perkembangan sosial anak SD/MI. Pengumpulan data melalui pemeriksaan kembali data (editing), mengorganisir data yang diperoleh (organizing), dan melakukan analisis lanjutan sehingga ditemukan kesimpulan (finding). Teknik analisis data menggunakan analisis isi untuk menganalisis dan membahas secara mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Anak usia SD/MI berada pada tahap perkembangan sosial industry versus inferiority (industri vs inferior). Mereka tertarik bagaimana sesuatu diciptakan dan bagaimana sesuatu bekerja. Anak lebih sering ke luar rumah, ke sekolah atau ke rumah tetangga untuk belajar dan bermain serta menjalin hubungan sosial; (2) Perilaku sosial anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pengaruh lingkungan yang positif akan berdampak baik terhadap perkembangan sosial anak dan begitu pula sebaliknya, pengaruh lingkungan yang negatif akan berdampak tidak baik pada perkembangan sosial anak; (3) Upaya guru dalam mengembangkan perilaku sosial siswa SD/MI dapat dilakukan melalui keteladanan, nasehat, motivasi, pembiasaan, kedisiplinan, kemandirian, pengawasan, pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, serta pemberian penghargaan dan sanksi.
Abstract: This study aims to determine social development, influencing factors, and teacher efforts in developing social behavior of primary school/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) students in learning. This research employed a literature study method to analyze studies related to the research topic. The data were collected through data re-examination, data organization, and data analysis to draw conclusions. A content analysis was done to analyze and discuss the relevant contents. The results of this study revealed that the students were at the stage of social development of industry vs inferiority (industrial vs inferior). They were interested in how things are created and how things work. They often go to school or to neighbors' houses to study and play and establish social relationships. Students' social behavior was influenced by family environment, school environment, and community environment. Then, positive environmental influences will have a good impact on students’ social development and vice versa, while negative environmental influences will have an adverse impact on their social development; (3) The teacher's efforts in developing the students’ social behavior in learning were realized through exemplary, advice, motivation, habituation, discipline, independence, supervision, cooperative and collaborative learning, as well as giving awards and sanctions.
Downloads
References
Afandi, M. (2021). Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences: Tinjauan Teoritis dan Praktis di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. PT. Nasya Expanding Management.
Anisah, A. S. (2015). Gangguan Perilaku Pada Anak dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.689
Ariin, V. K., Rohendi, E., & Istianti, T. (2017). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Secara Kolaboratif. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10555
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86–91. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), Art. 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233
Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Halimah, S. (2019). Membangun Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Sistem Full Day School di SDIT Bina Insan Cendekia Kota Pasuruan. Al-Makrifat, 4(2), 117–130.
Hasyda, S., & Djenawa, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Bermedia Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), Art. 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.414
Kezia, P. N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), Art. 2.
Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.
Listia, W. N. (2015). Anak Sebagai Makhluk Sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v1i1.9278
Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), Art. 1.
Mardiah, D., & Al-Hamdani, H. M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrative Reading and Composition Terhadap Perilaku Sosial dan Spiritual Siswa. 5(1), 17.
Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta lim Journal, 20(3), Art. 3. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Ningrum, N. F. M., & Sukoco, P. (2017). Pengembangan model permainan untuk meningkatkan perseptual motorik dan perilaku sosial siswa sekolah dasar kelas bawah. Jurnal Keolahragaan, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7905
Ningsih, P. O., & Hidayat, M. T. (2022). Dampak Pelaksanaan Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Art. 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2901
Ningsih, T. (2020). Sosiologi Pendidikan. Rizquna.
Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana. EDUCATOR, 4(2), Art. 2.
Nurfirdaus, N., & Risnawati, R. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.33222/jlp.v4i1.486
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), Art. 2b. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), Art. 2. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Oktaviyanti, I., Sutarto, J., & Atmaja, H. T. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa SD. Journal of Primary Education, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.15294/jpe.v5i2.12901
Permadi, B. A. (2021). Pengaruh Kecintaan Siswa Pada Al-Qur’an Terhadap Perilaku Sosial di Sekolah Dasar Al Islam Plus Kabupaten Sidoarjo. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.128
Riadi, F. S., & Lestari, T. (2021). Efektivitas Permainan Tradisional Pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5392
Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-Boyan†Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), Art. 2b. http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1062
Salmaa. (2023, Maret 17). Studi Literatur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya. Penerbit Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi terhadap Siswa Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(3), Art. 3. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.907
Sit, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Perdana Publishing.
Suci, I. G. S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Qiara Media.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan Interpedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269
Suryani, N. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), Art. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3654
Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Syaodih, E. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. EDUCARE. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/51
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880
Tusyana, E., Trengginas, R., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1804
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The journal allows third parties (readers, researchers, and others) to share and adapt the material in line with the license. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicate if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original.