Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory PhET Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik

Riko Ariyanto, Tri Wardati Khusniyah, Sofyan Susanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media virtual laboratory PhET pada pembelajaran IPA materi rangkaian listrik kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eskperimen Metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, dengan menggunakan 2 group Pretest-Posttest Control Group. Penelitian dilaksanakan di SDN Tambakromo 1. Subjek penelitian yaitu 50 siswa kelas VI-A dan VI-B (25 siswa dari tiap kelas). Teknik analisis data yang digunakan termasuk uji normalitas, uji homogenitas, serta uji paired sample t test dan independent sample t test untuk uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 60.40 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 75. Dilihat dari hasil tersebut, terdapat kenaikan nilai. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas percobaan adalah 61 dan rata-rata nilai posttest kelas percobaan adalah 83.20. Dari hasil tersebut, terdapat kenaikan nilai yang cukup signifikan untuk kelas percobaan. Selain itu, nilai sig. pada uji t kelas percobaan yakni 0.00 < 0.05 dan nilai thitung > ttabel adalah 9.132 > 1.676. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media virtual laboratory PhET terhadap hasil belajar siswa.

Abstract: This study aims to determine the effect of using the virtual laboratory PhET on the sixth graders’ science learning outcomes regarding electrical circuits. This research was a quantitative study using a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design with a pretest and posttest. The research was conducted at SDN Tambakromo 1. The research subjects were 50 students from class VI-A and VI-B (25 students from each class). The data analysis techniques included normality test, homogeneity test, as well as the paired sample test and independent sample t test for hypothesis testing. The results showed that the average pretest score for the control class is 60.40 and the average posttest score is 75. It can be seen that there is an increase. Meanwhile, the average pretest score of the experimental class is 61 and the average posttest score is 83.20. The results show a significant increase. Additionally, the sig. value of the t test in the experimental group is 0.00 < 0.05 and the value of tobserved > ttable is 9.132 > 1.676. Based on the results, it can be concluded that there is a significant effect of using virtual laboratory PhET media on the students’ science learning outcomes.

Keywords


Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Virtual laboratory PhET

References


Dwiyanti, A. Na., Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2019). Penerapan Laboratorium Virtual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tambaknegara Tahun Ajaran 2019/2020. PANCAR, 3(2), 275–278.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2220

Hasan, M., & dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 2(2), 186–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608

Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Deepublish. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/20170

Khusniyah, T. W., Sahruli, J. N., Mariyati, & Ariyanto, R. (2022). Pemanfaatan Laboratorium Virtual IPA Sebagai Upaya. Jurnal Elementary, 5(1), 95–99. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6378

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Nurhayati, Fadilah, S., & Mutmainnah. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n2.p1-7

Nurrokhmah, I. E., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 2(2).

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505

Rahayu, S., & Erman. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Simulasi Phet pada Materi Gelombang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(3).

Rasyidah, K., Supeno, & Maryani. (2018). Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan PhET Simulations. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 129–134. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7918

Rohmawati, E. D., & Sukanti. (2012). Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 153–171. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918

Rusnita, D. (2019). Pembelajaran Simulasi Phet ( Physics Education and Technology ) dalam Muatan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bumi Rafflesia, 2, 1–95.

Saiful. (2021). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. UD. Al-Hasanah.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumarauw, J. M., Ibrahim, M., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(58), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v34i1.10909

Sumargo, E., & Yuanita, L. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemistry Education, 3(1), 119–133. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v3n1

Susanto, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3, 130–143. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/747




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riko Ariyanto, Tri Wardati Khusniyah, Sofyan Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.