IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI PENUNJANG DAYA TARIK MASYARAKAT DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT TAMBAK BERAS JOMBANG

Authors

  • Irmawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2102

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, Animo Masyarakat.

Abstract

Persaingan antar lembaga pendidikan semakin meningkat, mengakibatkan banyak lembaga pendidikan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan adalah manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan memperoleh data dari observasi dan wawancara di Madrasah Mu'allimin Mu'allimat Tambak Beras Jombang. Setelah itu, data direduksi, dianalisis dan ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ditemukan, bahwa manajemen berbasis sekolah di madrasah yang dapat dimplementasikan secara terintegrasi dengan baik. Hal ini dapat diafirmasi dari karakteristik kelembagaan yang menunjukkan ciri khas atau keunikan disbanding dengan Lembaga Pendidikan Islam competitor yang lain. Madrasan ini terlihat mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Melalui pendekatan manajemen berbasis sekolah, madrasah ini paling dominan dalam pengembangan kurikulum dan penerimaan peserta didik baru yang signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahmansyah, Sintesis Kreatif Pembaruhan Kurikulum Pendidikan Islam Ismail Roji Al Faruqi. (yogyakarta: Global Pustak Utama, 2022)

Akbar, Jaka Amanar Mulia, ‘Pelaksanaan Rekrutmen Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah: Pelaksanaan, Peserta Didik, Rekrutmen’, EDU MANAGE-Journal of STAI Nurul Ilmi Tanjungbalai, 2.2 (2023)

Anis Fuad & Kadung Sapto Nugroho, Panduan Praktis Penelitian Kualitatif (yogyakarta: graha ilmu, 2014)

Ardiansyah, Arif, and Muna Erawati, ‘SEGREGASI GENDER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA MA AL IRSYAD PUTRA DAN MA AL IRSYAD PUTRI’, Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18.2 (2023), 1176–85

Ardiansyah, Dirjo, Mujakir, and Akhmas Reza Fathan, ‘Manajemen Berbasis Sekolah: Sekolah Menengah Atas’, Direktorat Pembinaan SMA, 2018, 178

Azizah, Ismy, Puti Andam Dewi, and Arridha Helty, ‘Implementasi Pemisahan Kelas (Segregasi Gender) Peserta Didik Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Di MTS N 4 Pasaman Barat’, Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1.5 (2023)

Baro’ah, Siti, Septian Nur Ika Trisnawati, Andi Ernawati, Tuti Supatminingsih, Fajriani Aziz, Muhammad Aziz, and others, ‘KURIKULUM MERDEKA: INOVASI KURIKULUM DI INDONESIA’, Penerbit Tahta Media, 2023

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Shinta Prima Rosdiana, and Achmad Noor Fatirul, ‘Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21’, Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1.02 (2023), 56–67

Dahlia, Dahlia, Khairul Anam, and H E Syarifudin, ‘MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH’, Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2.7 (2023)

Fadil, Khaidir, Amran Amran, and Noor Isna Alfaien, ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s’, Attadib: Journal of Elementary Education, 7.2 (2023)

Faizy, Umar, ‘IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEGRESI GENDER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Al Ma’ruf Kediri’, Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 2.2 (2023), 10–18

Fajrin, Rakhil, ‘Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah’, INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2018), 125–56

Farida, Siti, Miftahul Jannah Syarifah, and Onik Zakiyyah, ‘STRATEGI REKRUTMEN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI SMK JAIFAQ SAMPANG’, Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 2.1 (2023), 13–22

Farisiyah, Umi, Heri Retnawati, Aminuddin Hassan, Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, and Erwin Syahril Mubarok, ‘Pengaruh Segregasi Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Bahasa Inggris’, Measurement In Educational Research, 2.2 (2022), 52–61

Haluti, Armin, ‘Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMA Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai’, Journal of Teaching Dan Learning Research, 1.2 (2019), 67–76

Haryani, Fairusy Fitria, Sukarmin Sukarmin, Daru Wahyuningsih, and Supurwoko Supurwoko, ‘Implementasi Komponen-Komponen Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Sekolah Menengah Pertama’, JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4.3 (2021), 204–11

Hasibuan, Tri Wulan, Fitri Hayati, and Nasrul Syakur Chaniago, ‘Strategi Rekrutmen Peserta Didik Di SMP Karya Bunda’, Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1.4 (2023), 115–31

Hasna, Amirah, and Jonni Mardizal, ‘EVALUASI PROGRAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 PADANG’, Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4.4 (2023), 363–68

Ihsan, Muhammad, Jarkawi Jarkawi, Muhammad Yuliansyah, and Kasypul Anwar, ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMAN 3 Dan SMKN 3 Banjarbaru Kalimantan Selatan’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9.3 (2023), 248–55

Junindra, Arespi, Betridamela Nasti, Rusdinal Rusdinal, and Nurhizrah Gistituati Gistituati, ‘Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar’, Jurnal Cerdas Proklamator, 10.1 (2022), 88–94

Kurnia, Rilci, Rahmi Yunita, Dwi Nur, Umi Rahmawati, and Renggi Vrika, ‘Global Conferences Series : Social Sciences , Education and Humanities ( GCSSSEH ), Volume 11 , 2021 2 Nd UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education ( UINIBICIE ) 202 1 The Existence of Minangkabau Culture Subject in the Curriculum of 2’, 11.2 (2021), 120–23

Larasati, Arinta Kintan, Masduki Asbari, Putri Hafizhah Pinandita, and Adhinta Darusancia Anggaini Putri, ‘Implementasi Kurikulum Yang Memberdayakan Konteks?’, Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2.5 (2023), 23–26

Munir, M, and Toha Ma’sum, ‘Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan’, INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.2 (2022), 22–41

Rusnayuni, Rusnayuni, and Mashun Mashun, ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mengembangkan Life Skill Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Aikmel Lombok Timur’, Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3.1 (2023), 24–42

Safey, Pangeran Ramadhan Imam, Eka Putri Krisnawati, Violinda Fitri Salsabillla, Khansa Indiko Aulia Maritza, Syifa Naziyatun, and Ayu Wulandari, ‘Implementasi Proses Rekrutmen Peserta Didik Baru Pada SMA Negeri 1 Kedamean Kota Gresik’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 1.2 (2023), 10

Sagala, Chairunnisa, Zainur Rozzaqiyah, Rosa Marshanda, Desmawati Ramadhani, Yogi Andrian, Inom Nasution, and others, ‘Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat Di MTS Lab UINSU’, Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1.5 (2023)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D) (Bandung: ALFABETA, CV, 2017)

Suparlan, M, Manajemen Berbasis Sekolah: Dari Teori Sampai Dengan Praktik (Bumi Aksara, 2022)

Zakaria, Wahyu, Ulfa Yuniati, and Euis Evi Puspitasari, ‘Strategi Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan’, Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 1.2 (2023), 64–75

PlumX Metrics

Published

2024-08-13

How to Cite

Irmawati. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI PENUNJANG DAYA TARIK MASYARAKAT DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT TAMBAK BERAS JOMBANG . Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 369–380. https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2102