Analisis Bibliometrik Tahun 2012-2021: Kajian Topik Menggambar dalam Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar

Authors

  • Riddo Imam Muttaqin Indonesia University of Education
  • J Julia Indonesia University of Education
  • Rana Gustian Nugraha Indonesia University of Education

DOI:

https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.962

Keywords:

Menggambar, Pembelajaran Seni Rupa, Sekolah Dasar, Bibliometrik

Abstract

Abstrak: Menggambar pada pembelajaran seni rupa membantu perkembangan dan pertumbuhan peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan gambaran secara deskriptif topik menggambar dalam ruang lingkup pembelajaran seni rupa di sekolah dasar dari beberapa jurnal penelitian terindeks scopus pada tahun 2012-2021. Penelitian ini menggunakan metode pemetaan secara sistematik dalam 4 tahapan: (1) pencarian artikel ilmiah, (2) mengelompokkan artikel ilmiah, (3) memeriksa dan melengkapi metadata artikel ilmiah, dan (4) melaksanakan analisis bibliometrik. Terdapat tujuh temuan dari analisis ini, diantaranya: (1) perkembangan publikasi artikel ilmiah cenderung mengikuti pola yang tidak seragam; (2) perkembangan kutipan artikel ilmiah terbanyak terjadi pada tahun 2014; dan (3) kolaborasi penulis dengan tautan terkuat terbatas pada enam penulis melalui satu dokumen, tetapi ada kelangkaan kolaborasi antar kelompok. (4) "Drawing" menjadi frasa judul paling dominan dengan 35 tautan dari 9 peristiwa, (5) " Drawing " menjadi istilah kata kunci paling dominan dengan 30 tautan dari 9 peristiwa, dan (6) "Child" dan " Drawing " adalah kata yang paling dominan dalam abstrak dengan 22 dan 25 koneksi dari 48 dan 38 peristiwa, (7) Metodologi kualitatif dan kuantitatif mendominasi, dan studi kasus adalah desain studi kasus yang dominan dan sering digunakan pada artikel yang diteliti.

Abstract: Drawing in learning arts assists the students’ cognitive, affective, and psychomotor development and growth. This study aims to identify and provide a descriptive portrait of the topic on drawing within the scopes of fine arts learning at elementary school from several Scopus indexed research articles published in 2012-2021. This study employed a systematic mapping method in four stages: (1) searching for scientific articles, (2) classifying scientific articles, (3) checking and completing metadata of the articles, and (4) carrying out a bibliometric analysis. The analysis resulted in seven main points. First, the development of relevant publications tended to follow a non-uniform pattern. Second, the most development of citations occurred in 2014. Third, the collaboration of authors with the strongest links was up to six authors in a single document, but there was a dearth of collaboration between groups. Fourth, "Drawing" became the most dominant title phrase with 35 links from 9 occurrences. Fifth, "Drawing" became the most dominant key word with 30 links from 9 occurrences. Six, "Child" and "Drawing" were the most dominant words in the abstract with 22 and 25 links from 48 and 38 occurrences, respectively. Seventh, among the domination of qualitative and quantitative methodologies, case studies were often used in the articles studied.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, M., Nadhiroh, I. M., Rahmaida, R., Hardiyati, R., & Handayani, T. (2017). Kolaborasi Penulis Indonesia Dalam Publikasi Indonesia. 177–187. https://osf.io/jube3/download

Arissusila, I. W., Suwidiarta, I. K., & Rudita, I. K. G. (2020). Pelatihan Menggambar Bertema di SDN 3 Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 4(1), 66–73. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti/article/view/597

Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365

Chen, X., & Xie, H. (2020). A Structural Topic Modeling-Based Bibliometric Study of Sentiment Analysis Literature. Cogn Comput, 20. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12559-020-09745-1

Handayu, A., & Fitriyani, D. (2017). Analisis Penulisan Abstrak Skripsi Mahasiswa. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 29–33. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12860

Hartatik, T., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Studi Nilai Karakter pada Simbolisme Batik Ngawi Motif Srambang Park dalam Pembelajaran Seni Rupa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret * Corresponding Author . Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 227–238. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3139

Ishartomo, F., & Sutopo, W. (2018). Satu Dekade (2008-2017) Riset Ergonomi Di Indonesia Dalam Perspektif Teknik Industri: Suatu Studi Bibliometrik. 978–979. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5958

Julia, J., Supriatna, E., Isrokatun, I., Aisyah, I., Nuryani, R., & Odebode, A. A. (2020). Moral Education (2010-2019): A Bibliometric Study (Part 1). 8(6), 2554–2568. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080639

Kumar, M. J. (2018). Abstracts are Windows to Your Research Article: What Makes Them Good? IETE Technical Review (Institution of Electronics and Telecommunication Engineers, India), 35(1), 1–2. https://doi.org/10.1080/02564602.2018.1407056

Leung, X. Y., Sun, J., & Bai, B. (2017). International Journal of Hospitality Management Bibliometrics of social media research : A co-citation and co-word analysis. International Journal of Hospitality Management, 66, 35–45. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2017.06.012

Mashuri, I., Fanani, A. A., Wahyuningsih, R., & Sholekhah, S. (2021). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Dengan Model Pembelajaran Project-Based Learning. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 4(2), 158–173. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i2.751

Masruroh, B., Laksana, E. P., Rosyida, F., Harianti, L. R., & Maysa, F. (2022). Analisis sitasi Jurnal Pendidikan Geografi : Kajian , Teori , dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi periode. 2(3), 204–209. http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/1962

Mayar, F., Husin, S. H., & Sari, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak melalui Kegiatan Menggambar Bebas Setiap Hari di Taman Kanak-kanak Darussalam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1365–1373. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.368

Muntashir, & Erida. (2018). Analisis sitiran dan pemetaan deskriptor terhadap disertasi Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Pendahuluan. Shaut Al Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.2

Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K. (2018). Analisis Karya Gambar Bentuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simangumban Berdasarkan Prinsip-Prinsip Seni Rupa. Gorga Jurnal Seni Rupa, 07(November), 212–217. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v7i2.11350

Nugraha, R. G., & Nurfaridah. (2019). Penerapan Media Mozaik Dengan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 8–14. https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/JESA/article/view/60

Patten, M. L., & Newhart, M. (2017). Understanding Research Methods: An Overview of The Essentials. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315213033

Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.36308/abp.v1i1.178

Putri, D. D., Efendi, M., & Susilawati, S. Y. (2020). Bahan Ajar Keterampilan Menggambar Tunagrahita. 6(2016), 7–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo

Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia 1. Media Pustakawan, Ejournal.Perpusnas.Go.Id, 25(4), 63–68. https://doi.org/https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.200

Sari, F. P., Azmi, A., & SND, R. B. (2020). Tinjauan Kemampuan Menggambar Menggunakan Pola Pada Anak Di Tk B Ra Al-Fazwa Deli Serdang. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 176. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18785

Sulastri, N. M. S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambar Bebas. Transformasi: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal., 5(2), 117–124. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/2027

Zare, F., Elsawah, S., Iwanaga, T., Jakeman, A. J., & Pierce, S. A. (2017). Integrated water assessment and modelling: A bibliometric analysis of trends in the water resource sector. Journal of Hydrology, 552(October), 765–778. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jhydrol.2017.07.031

Zupic, I., & Čater, T. (2015). Bibliometric Methods in Management and Organization. Organizational Research Methods, 18(3), 429–472. https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F1094428114562629

PlumX Metrics

Published

2022-10-12

How to Cite

Muttaqin, R. I., Julia, J., & Nugraha, R. G. (2022). Analisis Bibliometrik Tahun 2012-2021: Kajian Topik Menggambar dalam Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 121–135. https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.962