Penilaian Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik di Masa Pandemi Covid 19 Kelas V Sekolah Dasar Inpres Onekore 6 Kecamatan Ende Tengah

Maria Purnama Nduru

Abstract


Abstrak: Pada masa pandemi covid 19, terjadi perubahan dalam proses dan penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik, ketersediaan instrumen penilaian, bentuk instrumen dan kesulitan serta tantangan yang dihadapi guru dalam proses penilaian di kelas V SDI Onekore 6. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dilakukan setiap minggu setelah peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaan yang diberikan oleh guru secara online (dalam jaringan) dan offline (luar jaringan). Instrumen penilaian tersedia untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penilaian aspek kognitif dilakukan dengan instrumen tes (tes pilihan ganda dan uraian), penilaian aspek afektif dan psikomotorik dengan instrumen non tes (wawancara dan dokumentasi). Kesulitan yang dialami guru secara umum adalah keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, terbatasnya pengamatan aspek afektif dan psikomotorik. Tantangan dalam proses penilaian pembelajaran adalah teknik penilaian aspek afektif dan psikomotorik dalam  pembelajaran  secara tidak langsung.

Abstract: During the Covid-19 pandemic, the learning process and assessment changes. Hence, the purpose of this study is to describe the assessment of cognitive, affective and psychomotor aspects of students, the availability of assessment instruments, the form of the instruments, and the difficulties and challenges faced by teachers in the assessment process at class V Inpres Onekore 6 Elementary School. This study used a qualitative approach with a case study method. The data collection stage was carried out through in-depth interviews and documentation. The data analysis stage was conducted using a qualitative analysis technique. The results showed that the assessment of cognitive, affective and psychomotor aspects was carried out every week after assignments given by the teacher online and offline. The instruments were available for assessing those three aspects. The assessment of cognitive aspect was done using tests (multiple choice tests and descriptions). The assessment of affective and psychomotor aspects was carried out using interviews and documentation. The difficulties experienced by teachers in general were delayed assignment submission and limited observations of the affective and psychomotor aspects. The challenge during the assessment process was on the assessment of the affective and psychomotor aspects in an indirect learning.


Keywords


penilaian, kognitif, afektif, psikomotorik, masa pandemi covid-19

References


Ana, M., & Ndole, T. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 SDK Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. JUPIKA : Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4, 82–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.903

Cendana, W., Aswat, H., & Rusli, M. (2021). Ruang Lingkup Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SD/MI. In Evaluasi Pembelajaran untuk PGSD/PGMI (p. 196). Yogyakarta: Nuta Media.

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119–123. https://doi.org/https://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda/article/view/2720

Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B., & Widodo, W. (2021). Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 336–355. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Heri, L., Rusilowati, A., & Raharjo, T. J. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 19–29.

Imtihan, N., Zuchdi, D., & Istiyono, E. (2017). Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 6(1), 63–80. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/schemata.v6i1.836

Irsan, G, A. L. N., & Yulan, T. (2021). Analisis Kesulitan Implementasi Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4392–4399. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1475

Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822

Mbari, M. A. F., Nduru, M. P., & Haryanti, Y. D. (2021). Evaluasi Pembelajaran IPA di SD/MI. In A. Setiawan (Ed.), IPA Untuk PGSD/PGMI (p. 142). Yogyakarta: Nuta Media.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif “Edisi Revisi.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 1–9.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rudini, M., & Setiawan, A. (2020). Prinsip Dasar Penilaian Karakter. In A. Setiawan (Ed.), Pengembangan dan Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Tematik SD (p. 187). Yogyakarta: Nuta Media.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7, 71–81.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/732

Wening dan Riscaputri. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242.

Wibowo, T., & Saputra, N. (2020). Pendidikan Karakter SD. In A. Setiawan (Ed.), Pengembangan dan Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Tematik SD (p. 187). Yogyakarta: Nuta Media.




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maria Purnama Nduru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.