Integrasi Nilai-nilai Keislaman pada Pembelajaran IPA Pendidikan Dasar di Masa Pandemi Covid-19

Kiki Melita Andriani, Rz. Ricky Satria Wiranata, Tria Marvida

Abstract


Abstrak: Penelitian ini melihat pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Watubelah selama masa pandemi, khususnya untuk melihat bagaimana pembelajaran IPA diintegrasikan dengan akidah Islam pada masa wabah Covid-19. Pendekatan penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas V di sekolah tersebut. Temuan menunjukkan bahwa guru di sekolah tersebut mengalami kesulitan mengintegrasikan keyakinan Islam ke dalam kurikulum sains selama pandemi Covud-19. Faktor pertama yaitu rutinitas pembelajaran online yang berlangsung cukup lama menyebabkan siswa kehilangan fokus dan menjadi bosan sehingga mengakibatkan hilangnya semangat. Faktor kedua yaitu pembelajaran online melalui tugas di grup WhatsApp tidak memungkinkan guru mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam pembelajaran IPA. Faktor ketiga yaitu pembelajaran tatap muka dibatasi 50% dari jumlah siswa dan dilakukan selama 2 jam karena kelas dibagi dua, mengharuskan guru mengulang materi yang sama pada pertemuan lain, menyebabkan guru hanya fokus pada menyampaikan materi inti, dari pada integrasi nilai-nilai Islam ke dalam pembelajaran IPA. MI Muhammadiyah Watubelah harus membenahi atau menata ulang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di masa Covid-19. Hal ini harus dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Abstract: This study observes science learning at Madrasah Ibtidaiyah (an Islamic Primary School) Muhammadiyah Watubelah during the pandemic, particularly to observe how Islamic values were integrated in science learning during the COVID-19 outbreak. The research approach was descriptive qualitative. The research subject was a fifth grade teacher at the school. The findings showed that the teacher at the school had difficulty in integrating Islamic values into the science curricula during the COVID-19 pandemic. The first factor was that the online learning routine lasted long enough causing students to lose focus and get bored, resulting in loss of enthusiasm. The second factor was that online assignments in WhatsApp groups did not allow the teacher to integrate Islamic values into the learning process. The third factor was that face-to-face learning was limited to 50% students and was carried out for two hours since it was divided into two sessions. It demanded the teacher to repeat the same materials causing less focus of the teacher in delivering the materials, instead of the Islamic values. The Muhammadiyah Watubelah Primary school must rearrange the learning planning and implementation during the COVID-19 period. This must be done so that the learning objectives can be achieved.

Keywords


Pembelajaran IPA, Integrasi, Nilai Islam, Pandemi, Covid 19

References


Adlani, N., & Hanifah, M. (2020). Media Alternatif Whatsapp (WA) Mengatasi Permasalahan Pembelajaran pada Situasi Pendemi Covid 19 di Kelas PGMI Semester IV. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 93–110. https://doi.org/10.30736/atl.v4i2.215

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the Covid-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.35497/309163

Fajrin, L., & Muqowim, M. (2020). Poblematika Pengintegrasi Nilai-nilai Keislaman Pada Pembelajaran IPA di MI Miftahul Huda Jepara. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 295–312. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7522

Ibda, H., & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451

KBBI. (2021). Arti kata integrasi—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved April 30, 2022, from https://kbbi.web.id/integrasi

Kemendikbud. (2020a, June 15). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. Retrieved April 30, 2022, from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19

Kemendikbud. (2020b, November 20). Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka. Retrieved April 30, 2022, from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/11/pemerintah-daerah-diberikan-kewenangan-penuh-tentukan-izin-pembelajaran-tatap-muka

Lestari, N. F. (2021). Wawancara dengan Ibu Nurul Faizah Lestari S.Pd. Guru Kelas 5 MI Muhammadiyah Watubelah. Banjarnegara.

Masluhi, D. M. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Key Performance Indicator Pada Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.30736/atl.v5i2.542

Mulyani, A. (2018). Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Nilai-Nilai Islam Untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 1(1), 16–19. https://doi.org/10.30631/jemst.v1i1.3

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484–498. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android untuk Sisw SD/MI. Retrieved April 30, 2022, from https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/29/0

Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia: Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Spiritual Keagamaan. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144–159. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.41

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 3(3), 188–202. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11727

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sulastriyawati, M. (2020). Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Social Distancing. Retrieved April 30, 2022, from Kantor Wilayah Lampung | Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia website: https://lampung.kemenkumham.go.id/pusat-informasi/penyuluhan-hukum/2891-cegah-penyebaran-covid-19-dengan-social-distancing

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kiki Melita Andriani, Rz. Ricky Satria Wiranata, Tria Marvida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.