Pengembangan Video Pembelajaran Tematik Menggunakan Scribe

Gigih Winandika

Abstract


Abstrak: Antusias siswa dalam belajar dan merespon guru dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran. Tersedianya fasilitas pembelajaran berbasis teknologi di sekolah belum sepenuhnya digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran videoscribe yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini sebagai penelitian pengembangan (R&D) yang mengambil dari model pengembangan Borg & Gall dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN 3 Tinggarjaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi media dikategorikan sangat layak dengan tingkat kevalidan 93,75%, selanjutnya hasil validasi materi termasuk kriteria sangat layak dengan tingkat kevalidan 85,31%, selanjutnya respon guru dikategorikan kriteria sangat layak dengan tingkat kevalidan 81,25% dan selanjutnya hasil pada respon tanggapan siswa tergolong pada kriteria sangat layak dengan hasil uji t tingkat sig 0.00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pengembangan videoscribe pada pembelajaran tematik layak digunakan dan efektif untuk memaksimalkan hasil belajar siswa

Abstract: Students' enthusiasm in learning and responding to teachers is influenced by the use of learning media. The availability of technology-based learning media at schools has not been fully maximized in the learning process. The purpose of this study was to develop a proper and effective videoscribe learning media. This research was a development research (R&D) which adopted Borg and Gall’s development model. The research subjects were the second graders at a public elementary school 3 Tinggarjaya. The results showed that the media validation results were categorized as very feasible with a validity level of 93.75%. Then, the materials validation was attributed very feasible with a validity level of 85.31%. Then, the teacher's response was categorized as very feasible criteria with a validity level of 81.25%. The results of students’ responses were classified as very feasible with the sig. value in the t-test was 0.00 <0.05. It can be concluded that the application of developing videoscribe in a thematic learning is feasible and effective to maximize their learning outcomes.

Keywords


Pengembangan, Videoscribe, Pembelajaran Tematik

References


Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2016). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. International Seminar on Education (ISE) 2nd, 62–70. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx

Galih D, D. F. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Hasnul Fikri, A. S. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Indonesia: Samudra Biru.

Hendrawan, A. (2022). Pemanfaatan Platform Youtube sebagai Media Pembelajaran bagi Guru-Guru Kelompok Kerja Madrasah. 4(1), 21–27.

Mulyatiningsih, E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 174–184.

Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo, Jawa Timur: UMSIDA Press.

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Priagung, J. (2021). Pengembangan Media Animasi Peta Budaya Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersamaan untuk Kelas 4 SD. 5(1), 111–114.

Riwanto, M., & Rahayuni, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Kelas Atas Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 2(2), 12–15.

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419

Rusydi, A., & Fadhli, M. (2018). Statistika Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128

Yuniastuti, Miftakhuddin, M. K. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Yusup, F. (2017). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gigih Winandika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.