Mengembangkan Soft Skill Mahasiswa Melalui Proses Pembelajaran

Ratna Nulinnaja

Abstract


Abstrak: Keberhasilan dari mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dapat dilihat dari kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Kemampuan dalam hal ini adalah ketrampilan atau skiil yang dimiliki oleh mahasiswa dari salah satu unsur yang terpenting yaitu melalui proses pembelajaran dalam perkuliahan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kemamapuan soft skill yang dimiliki oleh mahasiswa sehingga dapat menyempurnakan kemampuan hard skill yang dimiliki oleh mahasiswa. Metode kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kemudian dokumentasi. Untuk menyempurnakan data yang dibutuhkan penelitian ini juga menggunakan survei yang dilakukan secara online melalui Google Form. Tercatat sebanyak 207 mahasiswa yang telah berperan menjadi responden penelitian ini. Berlangsung mulai 27 September sampai dengan 1 Oktober 2021. Pengembangan soft skill melalui pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode dan strategi diantaranya Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Instruction, Project Based Learning, dan Problem Based Learning mampu dikembangkan diperkuliahan dengan memiliki banyak ide dalam menyelesaikan permasalahan, mampu menstimulus kreativitas dan inovasi, menumbuhkan kualitas dalam proses pengambilan keputusan bentuk dari keberhasilan pengembangan soft skill mahasiswa sehingga menghasilkan mahasiswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi, jujur, mampu bekerjasama, dan memiliki etos kerja yang baik.

Abstract: The success of students' learning can be seen from the abilities possessed by them. Those are the skills possessed, obtained from one of the most important elements, namely the learning process. This study aims to explore the soft skills possessed by the students so that they can improve the hard skills. A qualitative research method was used and data collection techniques comprised observation, interviews, and documentation. This research also used a survey technique to enrich the data, conducted online via a Google Form. As many as 207 students were involved as the research participants. The research was taken place from September 27 to October 1 2021. Soft skills development through learning could be done using methods and strategies, including Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Instruction, Project-Based Learning, and Problem-Based Learning. Its implementation could be developed by combining many ideas in solving problems so that the students are able to enhance creativity and innovation and foster their quality in the decision-making process. The successful students’ soft skills development also reinforces the ability to communicate, be honest, be able to work together, and have a good working ethics

Keywords


Softskill, Mahasiswa, Proses Pembelajaran

References


Andriani Wiwin, A. R. (2018). Strategi Pendidikan Karakter Dalam Upaya Membentuk Soft Skill Siswa. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studiens, 3(2), 240–252. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/alwijdn.v3i2.207

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Https://core.ac.uk/download/pdf/187726085.pdf (Ed.), Binus (1st ed.). Mitra Waca Media Penerbit. www.mitrawacanamedia.com

Cartoni, Ida Yayu N, Hizqiyah, I. A. (2018). Pengembangan Softskill Mahasiswa Calon Guru Melalui Pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa Di Universitas Pasundan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 69. https://doi.org/StatCounter

Fauzi, A., & Pradipta, I. W. (2018). Research Methods And Data Analysis Techniques In Education Articles Published By Indonesian Biology Educational Journals. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 123–134. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5889

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925

Hadiyanto, Noferdiman, S. and M. (2021). Students’ Soft Skills, Hard Skills, And Competitiveness (Shc): A Suggested Model For Indonesian Higher Education Curriculum. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(2), 218–234. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.2.12

Handayani, U., Utaminingsih, S., & Utomo, S. (2020). Soft Skills Model Based School Culture To Development Student Character for Elementary School Students. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.3996

Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nurhasanah, S. (2020). Implementasi Nilai Kejujuran Akademik Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dasar. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.143

Muhidin, A. (2017). Mengajar Efektif: Pendekatan Berpusat Pada Mahasiswa (S. A. Ubaid Al Fariq (ed.); Pertama, Issue 1). http://eprints.unpam.ac.id/2561/1/Buku Mengajar Efektif.pdf

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2), 330–338. https://doi.org/https://ejurnal.esaunggul.ac.id

Muntaqo, R., & Huda, M. K. (2018). Etos Kerja Islam Dalam Pendidikan Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 61–70. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.178

Mustika, P. (2021). Memahami Manfaat Kerja Sama dan Contohnya di Rumah. Katadata.Co.Id, 1–4. https://katadata.co.id/safrezi/berita/61aebfdd3130e/memahami-manfaat-kerja-sama-dan-contohnya-di-rumah

Nurahaju, R., & Widanti, N. S. (2021). Kompetensi Soft Skills Karyawan Perusahaan di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.31000/jmb.v11i2.7008

Nuryanto, N., & Badaruddin, M. (2019). Implementasi Pendidikan Soft Skills dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 183. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1725

Purba, B., Hasoloan, A., & Yasir, A. (2021). Komunikasi Organisasi dalam Proses Pengambilan Keputusan di UPT-PTPH Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 7(1), 84–95. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4444

Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154–161. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3438

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Ronald E Riggio and Sherylle. (2014). Leader Interpersonal and Influence Skills (The Soft Skills Of Leadership). In R. E. R. and S. J. Tan (Ed.), Routledge (Pertama, Issue December). Routledge. https://www.routledge.com/Leader-Interpersonal-and-Influence-Skills-The-Soft-Skills-of-Leadership/Riggio-Tan/p/book/9780415842327

Siddiky, M. R. (2020). Does Soft Skill Development Vary Among The Students? A Gender Perspective. Turkish Journal of Education, 9(3), 205–221. https://doi.org/10.19128/turje.658198

Sono, N. H., Hakim, L., & Oktaviani, L. (2017). Etos Kerja Islam sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 411–420. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6687

Suardipa, I. P., Widiara, I. K., & Indrawati, N. M. (2021). Urgensi Soft Skill Dalam Perspektif Teori Behavioristik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1393

Taofan Ali Achmadi. (2020). Analisis 10 tingkat soft skills yang dibutuhkan mahasiswa di abad 21. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 8(2), 145–151. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/teknobuga.v8i2.29049

Umar Sidiq, dan M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In M. A. Dr. Anwar Mujahidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (Pertama, Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.pdf

Zulkhairi, T. (2017). Membumikan Karakter Jujur Dalam Pendidikan Di Aceh. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 104. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.65




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratna Nulinnaja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.