Validitas Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Tematik Kelas IV Sekolah Dasar

Eva Rini Lestari, Siti Halidjah, Dyoty Auliya Vilda ghasya, Hery Kresnadi, Asmayani Salimi

Abstract


Abstrak: Bahan ajar perlu dikembangkan untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dari pengembangan bahan ajar tematik berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian produk oleh validator. Data kualitatif diperoleh dari saran, catatan oleh validator. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berdasarkan tingkat validitas bahan ajar dengan hasil sebagai berikut: (1) validasi ahli desain bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 4,77 dengan kriteria “sangat valid”, (2) validasi ahli pembelajaran bahan ajar memperoleh nilai rata-rata  4,62 dengan kriteria “sangat valid”, (3) validasi ahli kebahasaan bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 4,85 dengan kriteria “sangat valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 3 kelas IV layak diuji coba kepada siswa dan guru.

Abstract: Teaching materials need to be developed to assist teachers’ and students’ learning process. This study aims to measure the level of validity of the development of thematic teaching materials based on Project-based Learning (PjBL) for fourth grade elementary school students. A research and development design (R&D) was selected, using the ADDIE model. While quantitative data were obtained from the expert validation results, qualitative data were obtained from validators’ feedback. Interview protocols, questionnaires, and documentation were used to obtain the data. The results of this study regarding the level of validity of the teaching materials showed that (1) the expert validation of teaching materials design obtained an average value 4.77 with the criterion "very valid"; (2) the expert validation of teaching materials learning obtained an average value 4.62 with the criterion "very valid"; and (3) the linguistic expert validation of teaching materials obtained an average value 4.85 with the criterion "very valid". Hence, it can be concluded that the teaching materials based on Project-based Learning (PjBL) in thematic learning for fourth grade elementary school students could be piloted to the teachers and students.


Keywords


Bahan Ajar, Project Based Learning (PjBL), Tematik

References


Atmazaki, Afnita, & Zuve, F. O. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Konteks. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 59. http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/503

Bilah, M. S. M. B., Gofur, A., & Lestari, S. R. (2017). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Handout Berdasarkan Model Pengembangan ADDIE untuk Mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Jember. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 509. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/download/1096/764

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Febriani, D., Halidjah, S., & Pranata, R. (2022). Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(6), 259. https://doi.org//10.26418//jppk.v11i6.54742

Gusmawati, M., & Montessori, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3148. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2524

Handayani, L. (2022). Project Based Learning dengan Strategi PTK (Praktik Tugas Kelompok) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(2), 289. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4961

Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Ismail, R., Rifma, & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 961–962. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808

Kettanun, C. (2015). Project-based Learning and Its Validity in a Thai EFL Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 192, 568. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.094

Kurniati, P., Asri Untari, M. F., & Sulianto, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga. Journal of Education Action Research, 4(4), 408. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28506

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Prenada Media.

Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491

Noviyanti, & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 4(2), 110. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458

Nurkhasanah, A. (2017). Pengembangan Media Buku Cerita “Petruk Sinau Basa Jawa” untuk Anak Usia Dini Kelompok B TK Aba Dukuh 1 Gamping Sleman [Tesis]. diperoleh dari http://eprints.uny.ac.id/54161/.

Pratiwi, S., Komala, E., & Monariska, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Matematika. Jurnal Analisa, 6(2), 147. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9033

Rosyid, K. (2019). Pengembanga Bahan Ajar Praktik Mata Kuliah Inspeksi dan Tes di Program Studi D3 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. [Tesis]. Diperoleh dari https://Eprints. Uny. Ac. Id/62586.

Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 194. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450

Sabarudin. (2018). Materi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-ilmu Pendidikan, 04(01), 5. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/download/69/59

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 45–46. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Siahaya, A. (2021). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Ulfasari, N. N. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Project Based Learning Untuk Kelas IV SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.

Vakili, M. M., & Jahangiri, N. (2018). Content Validity and Reliability of the Measurement Tools in Educational, Behavioral, and Health Sciences Research. Journal of Medical Education Development, 10(28), 108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29252/edcj.10.28.106

Wati, I. F., Yuniawatika, & Murdiyah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Terhadap Bahan Ajar Game Based Learning Terintegrasi Karakter Kreatif. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31880

Weriyanti, Firman, Taufina, & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 480. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 92. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Rini Lestari, Siti Halidjah, Dyoty Auliya Vilda ghasya, Hery Kresnadi, Asmayani Salimi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.