Metode Brain Based Learning: Mengembangkan Kemampuan Berfkir Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak

safinatur Robikah

Abstract


Abstrak: Pembelajaran aqidah akhlak membutuhkan sebuah inovasi pembelajaran agar terbentuk iman yang sempurna berdasarkan pemahaman dan pengetahuan siswa. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan metode brain based learning dalam pembelajaran aqidah akhlak. Metode penulisan artikel menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kajian kepustakaan. Artikel ini menjelaskan bahwa terdapat bermacam-macam cara yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran aqidah akhlak yang mengaplikasikan metode brain based learning yakni: 1) pembelajaran aqidah akhlak dapat dilaksanakan menggunakan metode hafalan, 2) pembelajaran dengan menunjukkan gambar-gambar, 3) visualisasi berupa vidio dan lain sebagainya, sehingga dengan metode tersebut siswa menjadi lebih aktif serta bersemangat ketika belajar aqidah akhlak. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan metode brain based learning terbukti menarik dalam meningkatnya pemahamam pengetahuan siswa, sekaligus juga menjamin peningkatan kemampuan siswa pada umumnya.  itu, juga dapat menjamin peningkatan perkembangan kemampuan siswa pada umumnya. 

 

Abstract: Aqidah Akhlak learning needs an innovation in learning process in order to form a faith based on the understanding and knowledge of students. This study aims to describe the brain based learning method in akidah akhlak moral learning. The method of this study used a descriptive approach with literature review. This article explains that there are various ways that can be used in aqidah akhlak learning using the brain-based learning method including: 1) aqidah akhlak learning can be carried out by memorizing methods, 2) learning by showing pictures , 3) visualization in the form of videos and etc, so that with the brain based learning method the students could be more active and enthusiastic in aqidah akhlak learning process. In addition, using this method is good to increase students' knowledge generally.

 


Keywords


Pembelajaran, AkidahAkhlak, Brain Based Learning

References


Azzet, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chamidiyah, C. (2015). Pembelajaran Melalui Brain Based Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.795

Dedi, W. (2017). Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.

Ibrahim, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2525

Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru (2 ed.). Jakarta: Indeks.

Kutsiyyah, K. (2019). Pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Nursiyam, N. (2015). Pengaruh Sistem Pembelajaran Pesantren Kampus terhadap Penguatan Akidah dan Akhlak Mahasiswa IAIN Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(2). https://doi.org/10.21093/sy.v3i2.248

Pratiwi, A. R. W., & Nugrahanta, G. A. (2020). Asyiknya Bermain Dengan Perminan Tradisional Untuk Mengasah Hati Nurani Anak. CV. Resitasi Pustaka. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=cqIqEAAAQBAJ

Rofiah, N. H. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Di Perguruan Tinggi. Fenomena Jurnal Penelitian, 8(1). Diambil dari https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/fenomena/article/view/472

Rulyansah, A., Hasanah, U., & Wardana, L. A. (2017). Model Pembelajaran Brain Based LearningBermuatan Multiple Intelegences. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Santioso, L. L., & Rizky, A. J. (2012). Dahsyatnya Brain Smart Teaching: Cara Super Jitu Optimalkan Kecerdasan Otak dan Prestasi Belajar Anak / Lucy Lidiawati Santioso, Ade Julins Rizky. Jakarta: Penebar Plus.

Suyadi, S. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Neurosains. Bandung: PT. Rosda Karya.

Tatang, T. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Widana, W., Wira Bayu, G., Laba, N., & Ayata. (2010). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3.

Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2017). Maksimalkan Otak Anak Anda Multiple Intelegences-Kecerdasan Majemuk Tips Menjadi Anak Cerdas. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 safinatur Robikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.