Pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an melalui Home Visit Method pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Bondowoso

Zaenol Fajri, Atik Hikmatuz Zakiyah, Christiana Pertiwi, Evita Widiyati

Abstract


Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran selama pandemi COVID-19 dilakukan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki keterbatasan ketersediaan perangkat pembelajaran. Mengatasi keterbatasan tersebut MI Nurul Rahman melaksanakan pembelajaran luring dengan home visit method pada pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran luring home visit method dalam belajar Baca Tulis Al Qur'an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaannya satu sampai dua kali pertemuan dalam seminggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran home visit method, guru harus beradaptasi dengan keadaan, mampu merancang pembelajaran sesuai karakteristik siswa, materi, mampu memberikan motivasi, reward, memilih dan memilah materi yang diprioritaskan karena terkendala waktu pelaksanaan. Faktor pendukung pelaksanaan yaitu guru dan siswa dapat berinteraksi langsung dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif, namun faktor penghambatnya kesulitan mengatur waktu dan materi karena keterbatasan waktu yang tersedia.

Abstract: The implementation of the learning process during the COVID-19 pandemic is carried out both online and offline. However, its implementation may experience limited availability of the learning tools. Overcoming the limitation, the Islamic elementary school (MI) Nurul Rahman carried out the offline learning using home visit method in learning to read and write the Qur'an. This study aims to find out how the application, supporting and inhibiting factors of offline learning home visit method in learning to read and write the Qur'an. This research was a qualitative research using data collection techniques of observation, interviews and documentation. The implementation was done one to two times a week. The results showed that in the implementation of the home visit method, the teacher had to adapt to the circumstances, be able to design learning according to the characteristics of the students, the learning materials, be able to provide motivation, reward, select and sort out the prioritized materials due to time constraints. The supporting factor for such implementation was that teachers and students could interact directly each other so that the learning would be more effective, but the inhibiting factor was the difficulty of managing time and materials due to the time limit.


Keywords


Home Visit Method, Baca Tulis Al Qur’an

References


Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini. Online), 5(2), 2581–0413. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p111-119.1568

Anggranti, W. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik di SMP Negeri 2 Tenggarong). Jurnal Intelegensia, 1(1), 106–119.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Aprilliyah, & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal UNESA, 7, 1–7.

Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD A. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v1i2.33

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asrofi, M., & Fajria, I. (2014). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7), 11–21.

Bakhruddin, M. (2021). Penerapan pembelajaran baca tulis al- qur’an di era pandemi dan problematikanya. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(Volume 2, September 2021, p-ISSN: 2442-3661; e-ISSN: 2477-667X,), 178–189.

Cintianingsih, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Elkan, R., Kendrick, D., Dewey, M., Hewitt, M., Robinson, J., Blair, M., … Brummell, K. (2001). Effectiveness of home based support for older people: Systematic review and meta-analysis. British Medical Journal, 323(7315), 719–724.

Fajri, Z. (2010). Pembelajaran Kooperatif dengan Menerapkan Teori Bruner Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV A SD Negeri Tamanan 2 Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember.

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 1–10.

Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., & Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012178

Fajriatunisah, Syahbuddin, R. (2021). Analisis Home Visit Method dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Inpres Tenga di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan IPS, 11(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpi.v11i1.443

Fatkhurrozi, A., Amaniyah, I., Rahmawati, I., & Lailiyah, S. (2021). As Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Whatsapp Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid 19. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 28–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i1.717

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah, VIII(1), 19–29.

Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241

Firman. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 37–50.

Goldfeld, S., Price, A., Bryson, H., Bruce, T., Mensah, F., Orsini, F., … Kemp, L. (2017). “Right@home”: A randomized controlled trial of sustained nurse home visiting from pregnancy to child age 2 years, versus usual care, to improve parent care, parent responsivity and the home learning environment at 2 years. BMJ Open, 7(3), 1–15. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2016-013307

Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Edisi Khusus Hasil Riset Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.299

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al Athfal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82.

Kurniawan, F. (2016). The Use of Audio Visual Made in Teaching Speaking. Education Journal, 5 No. 2, 180–193.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Journal, 2(1), 67–76. p-ISSN: 2685-2519 eISSN: 2715-6028.

Masdudi. (2019). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–26. https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.739

Masriani. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Menggunakan Home Visit Method Dalam Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV SDN 200307 Padangsidimpuan. Jurnal Estupro, 6(1), 26–35.

Mokodompit, I. S. (2020). Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), Desember 2020: 119-131, ISSN (Online): 2550-1038.

Muhsin, A. (2017). Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito. Al-Murabbi, 2(2), 275–290.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464

Nadeem, S. (2020). Coronavirus COVID-19: Available Free Literature Provided by Various Companies, Journals and Organizations around the World. Journal of Ongoing Chemical Research, 5(1), 7–13. https://doi.org/doi:10.5281/zenodo.3722904

Nahdi, K. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177–186, ISSN: 2549-8959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Ningrum, E. (2009). Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran. Bandung: BUANA NUSANTARA.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Parmithi, N. N., & Mahendra, I. W. E. (2021). Perpaduan Asesmen Kinerja dengan Google Meet dalam Mendorong Hasil Belajar IPA. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(1, e-ISSN : 2598-7453), 84–92.

Permana, M. S., Johar, D., & B. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 11(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33364/algoritma/v.11-2.254

Poetri, M., & Bahruddin, E. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mts Al-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 1–12.

Pura, D. N., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi. Early Child Research and Practice, 1(1), 22–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1073

Putri, D. T. N. dan G. I. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 91–99.

Rahmina, W., Nurtiani, A. T., & Amelia, L. (2020). Analisis Kegiatan-Kegiatan Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok A di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Ramadhani, D. (2018). Pengaruh Interaksi Guru-Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 524–532.

Rina Moga Sari,M. Oky Fardian Gafari, S. (2017). The Development of Writing Learning Media in Audio Visual Based on Explanatory Text Students of Class XI MAN 2 MODEL MEDAN. International Journal of Education, Learning and Development, 5(10), 48–63.

Roberts, I., Kramer, M. S., & Suissa, S. (1996). Does home visiting prevent childhood injury? A systematic review of randomised controlled trials. Bmj, 312(7022), 29–33. https://doi.org/10.1136/bmj.312.7022.29

S. Islam, C. Muali, and I. M. Ghufron, M. I. (2018). To Boost Students ’ Motivation and Achievement through Blended Learning To Boost Students ’ Motivation and Achievement through Blended Learning. J. Phys. Conf. Ser, 1(114), 1–11.

Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5155

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for Learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: Kencana.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140 ISSN: 2477-4715.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1), 36–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bandung: Nila Cakra.

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Uswatun, H. (2015). Media Video sebagai Sumber Belajar PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Keislaman Siswa di Kelas X 3 SMA N 3 Bantul. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yokyakarta.

Wibawa, R. A. (2018). Pendidikan Baca Tulis Al-Quran ( BTQ ) di SMK Muhammadiyah Jawa Timur ( Studi Kasus Pembelajaran BTQ di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo ) Rafi Andi Wibawa Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia , Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya. Journal Homepage, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.21070/halaqa.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Wijayanti, W., & Efendi, M. (2021). Efektivitas Model Pakem dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(01), 92–109. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2485

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaenol Fajri, Atik Hikmatuz Zakiyah, Christiana Pertiwi, Evita Widiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.