MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUTTAQWA SUCI

Authors

  • Hayyan Ahmad Ulul Albab Universitas Islam Lamongan
  • Eka Wahyu Hidayati STAI Daruttaqwa Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.1078

Keywords:

Nilai-nilai Agama, Islam, Anak Usia Dini,

Abstract

Pembelajaran saat ini yang semakin kompleks menyebabkan semakin berkurangnya aktivitas yang berkaitan dengan nilai agama Islam pada anak usia dini. Pendidikan nilai agama Islam pada anak usia dini merupakan pondasi yang sangat penting sebagai peletakkan dasar keagamaan supaya menjadi pribadi yang bertaqwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode penanaman nilai agama dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode penanaman nilai agama. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitiannya siswa TK A dan TK B serta Guru Kelas. Analisis datanya menggunakan milik Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa metode yang digunakan seperti metode bercerita dan bernyanyi, metode demonstrasi dan tanya jawab, metode karya wisata dan bermain, serta metode simulasi atau bermain peran. Faktor pendukung berupa dukungan dari orangtua serta lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya ialah rendahnya semangat belajar peserta didik.

References

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Cahyati, N., Juherna, E., & Islami, C. C. (2022). Penanaman Nilai Agama pada Anak Usia Dini. JIESS Journal of Islamic Education and Social Science, 1(1), 1–6.

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Husin, H., & Harianto, D. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.59

Jundi, M. (2020). Pendidikan Islam dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad saw. bagi Generasi Muda. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6193

Khairiah, K., & Jumanti, O. (2022). ANALISIS PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “METODE BERCERITA, DEMONSTRASI DAN SOSIODRAMA.†Al-Khair Journal : Management, Education, And Law. https://doi.org/10.29300/kh.v2i2.6110

Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396

Mufidah, N., & Nurfadilah. (2020). Menanamkan Nilai Agama pada Anak Usia Dini di Keluarga Arab. Jurnal AUDHI, 2(2), 58–66.

Nurjanah, S. (2018). PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL (STTPA TERCAPAI). PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Nurma, & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di TK Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62.

Rayani, D., Sarlita Kartiani, B., & Jaswandi, L. (2022). MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID 19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2676

Virganta, A. L., Kamtini, K., & Novitri, D. M. (2021). Pendampingan Guru Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif Berbasis Enam Aspek Perkembangan Anak Di TK Salsa. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS. https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i2.30516

Zubaidi, A., Hambali, H., & Hafita, S. N. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BAGI ANAK. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i2.495

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-08-09

How to Cite

Albab, H. A. U., & Hidayati, E. W. (2022). MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUTTAQWA SUCI. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 162–174. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.1078

Issue

Section

Articles